'Pemilu Seluler' di Estonia pada 2011

VIVAnews - Parlemen Estonia mengesahkan undang-undang yang membolehkan memilih dengan menggunakan telepon genggam. Cara yang sangat mutakhir jika dibandingkan dengan Pemilu Indonesia ini baru dilakukan pada 2011 nanti, dalam pemilihan anggota legislatif negara yang berbatasan dengan Rusia itu.

Pemanfaatan teknologi telepon genggam ini mengikuti penggunaan internet sebagai sarana memilih dalam Pemilu tahun lalu. Untuk teknologi telepon genggam ini, akan digunakan chip khusus yang dikeluarkan SK Certification Center yang juga membuat kartu tanda penduduk Estonia.

Chip ini akan mengidentifikasi pemilih dan mengesahkan partisipasi mereka dalam sistem pemilihan. Sistem dan perangkat lunak yang digunakan terbukti efektif dan telah melewati audit independen. "Ini adalah cara yang paling aman untuk mengotentifikasi tanda tangan digital," kata juru bicara SK Certification Center, Raul Kaidro, di Ibukota Estonia, Tallinn, Jumat, 12 Desember 2008.

Kaidro memperkirakan pemakaian telepon genggam akan digelar pada 2011. Namun tetangga Estonia, Finlandia dan Swedia, juga sedang mengembangkan kemampuan perangkat lunak dan teknis untuk menggelar 'Pemilu seluler'.

Pada Pemilu 2007 lalu yang membolehkan internet, Estonia terbukti sukses menyelenggarakan meski dikhawatirkan akan ada serangan hacker, pemalsuan identitas dan manipulasi hasil penghitungan suara. (AP)

Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Bawang Merah Akibat Banyak Pedagang Belum Mulai Berjualan
Pemain Timnas Indonesia, Marc Klok (kiri) dan Shayne Pattynama (kanan)

Timnas Indonesia U-23 Mengganas di Piala Asia, Marc Klok: Masa Depan Cerah

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok, mengungkapkan kekagumannya terhadap kesuksesan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024