Hari Ini Piagam ASEAN Diberlakukan

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Senin 15 Desember 2008, membuka Pertemuan Tingkat Menteri Luar Negeri ASEAN di Jakarta. Pertemuan khusus menteri luar negeri anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara itu merupakan rangkaian pelaksanaan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-14.

"Presiden pagi ini hadir dalam pertemuan tingkat menteri ASEAN di Sekretariat ASEAN, Jakarta. Namun pertemuan akan dipimpin oleh delegasi Thailand," kata juru bicara kepresidenan, Dino Patti Djalal saat dihubungi VIVAnews, Senin 15 Desember 2008. Ini mengingat Thailand adalah tuan rumah Konfrensi Tingkat Tinggi ASEAN, yang penyelenggarannya tertunda.

Mansory Sulap Vespa Elettrica Menjadi Skuter Mewah

Dino juga mengatakan bahwa dalam pertemuan ini pemerintah Indonesia juga akan mengenang jasa mendiang menteri luar negeri Ali Alatas dalam memajukan ASEAN  - termasuk membantu menyusun kerangka dasar Piagam ASEAN.


Pertemuan menteri luar negeri ASEAN di Jakarta ini sangat monumental karena akan meresmikan pemberlakuan "Piagam ASEAN" setelah diratifikasi semua anggota ASEAN. Pertemuan tersebut semestinya digelar di Thailand sebagai ketua sekaligus ketua sidang ASEAN. Namun kondisi politik dan keamanan Thailand memaksa pertemuan menteri luar negeri dipindahkan.

Pemerintah Thailand, Selasa 2 Desember 2008, resmi menunda pelaksanaan KTT ASEAN ke-14. Menanggapi keputusan Thailand, Sekretaris Jenderal ASEAN, Surin Pitsuwan, mengatakan, "Keputusan itu [penundaan] bukan keputusan yang mudah diambil dan saya berterima kasih kepada Thailand karena telah mempertimbangkan berbagai faktor sebelum memutuskan untuk menunda pertemuan ASEAN. Saya sangat menghargai sikap Thailand yang sangat memperhatikan negara-negara anggota ASEAN lainnya," kata Surin dalam rilis yang diterima VIVAnews, Rabu 3 Desember 2008.

Surin menambahkan,"Penundaan Sidang ASEAN tidak akan mengacaukan atau mengurangi hasil yang telah kita capai, kesejahteraan, mata pencaharian, dan kemakmuran masyarakat di kawasan ASEAN."

Setelah resmi menunda pelaksanaan KTT ASEAN, pemerintah Thailand mengatakan akan menggelar KTT pada Maret tahun depan. Namun sedang diupayakan agar KTT bisa dilaksanakan pada Januari atau Februari 2009.

Oleh karena itu - menurut juru bicara Departemen Luar Negeri Indonesia, Teuku Faizasyah awal bulan ini -  pertemuan di Jakarta  juga akan membahas kepastian penyelenggaraan KTT ASEAN yang tertunda.

Usut Penyebab Kebakaran Toko Frame di Mampang, Polisi Bakal Gelar Olah TKP Pekan Depan
Ilustrasi berselancar di internet.

Cara Hapus Jejak Digital, Cocok buat yang Suka Buka Situs Berbahaya

Di era digital ini, hampir setiap aspek kehidupan kita terhubung dengan internet. Dari mencari informasi hingga berkomunikasi, kita meninggalkan jejak digital di berbagai

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024