Bila Pria 'Mogok' Bicara

VIVAnews - Saat pasangan melakukan aksi mogok bicara, tentu bisa bikin Anda bingung. Menurut Allan & Barbara Pease, pakar perkawinan sekaligus penulis buku Why Men Don’t Listen & Women Can’t Read Maps, ketika pria melakukan aksi diam seribu bahasa, biasanya karena mereka sedang dirundung masalah.

Alasannya, entah itu ada sangkut pautnya dengan Anda, atau tidak. Hal lainnya, bisa jadi karena pekerjaan, keluarga besarnya, atau malah dirinya sendiri. Akibatnya, muncullah anggapan-anggapan negatif diyakini kebanyakan wanita, yang akhirnya malah menciptakan masalah baru. Padahal, semua anggapan itu belum tentu 100% benar.

Tak jauh berbeda dengan kaum wanita, pria juga bisa bertingkah uring-uringan ketika punya masalah. Jadi, jika si dia selalu menghindari Anda, bukan berarti masalahnya ada pada Anda. Hanya saja, kemungkinan Anda jadi pelampiasannya.

Maka itu, Andalah yang harus pandai mengenali, apakah harus memikirkan aksi diamnya atau memahami bahwa ia tidak siap bicara. Karena itu, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat pasangan sedang dirundung masalah.
   
Beri ruang
Untuk membuatnya merasa lebih senang, kadangkala Anda membujuknya agar mau bicara. Padahal, semakin dipaksa, dia akan semakin jengkel dan menjauh. Tanyakan sekali saja. Tidak menjawab? Biarkan. Kalau waktunya sudah tepat, akhirnya dia juga akan curhat, kok.
   
Baca mood si dia
Anda biasanya lebih banyak memberikan sentuhan sayang ketika pasangan sedang emosi. Alasannya sederhana: untuk meyakinkan diri bahwa Anda bukanlah ‘sasaran perangnya’. Tapi, pria umumnya malas disentuh jika sedang tidak mood. Untuk sementara lebih baik Anda menghindar dulu.
   
Jadi pendengar
Tidak semua pria bisa mencurahkan masalah pada pasangannya. Karena itu, penting baginya untuk memahami bahwa Anda selalu siap mendengarkan masalahnya. Kalau dia bilang tak ada masalah, mungkin saja memang hari itu dia sedang mengalami hal kurang menyenangkan. Tapi, pastikan bahwa Anda selalu menjadi pendengar setia.
   
Tetap mendukung
Empati Anda tetap diperlukan, walaupun ia bersikap aneh. Buatlah ia menyadari, walaupun Anda mendukungnya, namun bukan berarti bisa menyalahgunakan dan menuangkan rasa frustasinya pada Anda.
   
Tanya orang terdekatnya
Sewaktu pasangan mendiamkan Anda, biasanya sikap tersebut membuat Anda sakit hati. Cobalah mencari tahu masalah pasangan melalui orang yang bisa dipercaya, seperti sahabat, atau malah ibunya. Biarkan sang ibu atau sahabat yang berbicara dengannya. Siapa tahu dia bisa lebih terbuka.

Kondisi Tragis di Gaza, FYP Minta Yordania-Mesir Buka Perbatasan untuk Bantuan Kemanusiaan
Ilustrasi menabung.

Generasi Muda Harus Cerdas Finansial Dalam Menabung dan Kelola Keuangan

Sebagai generasi penerus bangsa dengan akses yang luas terhadap produk dan layanan keuangan, anak muda seharusnya bisa lebih bijak merencanakan serta mengelola keuangan. 

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024