Tawuran Landa Parlemen Korsel

VIVAnews - Sejumlah anggota parlemen Korea Selatan (Korsel), Kamis 18 Desember 2008, terlibat baku hantam. Tawuran tersebut dipicu oleh ketidaksenangan para politisi Partai Demokratik yang beroposisi atas usulan para anggota dari Partai Nasional Agung - yang tengah berkuasa - untuk mengesahkan Undang-Undang perdagangan bebas antara Korsel dengan Amerika Serikat (AS).

Para politisi Partai Demokratik berupaya menggagalkan pengesahan tersebut dengan segala cara. Akhirnya, bentrokan dengan politisi Partai Nasional Agung tak terhindarkan.

Stasiun televisi Korsel menayangkan para politisi dari dua kubu yang bertentangan tersebut saling menonjok, mendorong, dan berteriak di hall gedung sidang nasional dan di tengah jepretan kamera.

Anggota partai berkuasa, Partai Nasional Agung, lalu menggunakan palu dan alat-alat bangunan lain untuk membuka pintu ruangan yang terbuat dari kayu. Mereka menemukan perabotan yang diatur sedemikian rupa sebagai benteng pertahanan kedua.

Saluran televisi kabel YTN melaporkan bahwa gergaji elektrik dimanfaatkan untuk membuka pintu. YTN menayangkan cuplikan petugas keamanan yang menyemprotkan tabung pemadam kebakaran ke mereka yang mencoba memaksa masuk.

Namun aksi perlawanan partai oposisi, Partai Demokratik, gagal. Sepuluh anggota Partai Nasional Agung pun berhasil mempresentasikan kesepakatan dengan AS itu kepada komite parlemen.

Korea Selatan dan AS menandatangani perjanjian tentang pemangkasan tarif dan pungutan lain di bidang perdagangan, April tahun lalu setelah sepuluh bulan melalui negosiasi alot walaupun legillatif belum meratifikasinya.

Pakta perdagangan tersebut adalah sesuatu yang penting bagi AS sejak Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) dengan Kanada, Meksiko, dan Korea Selatan. NAFTA ditandatangani pada 1993 dan efektif setahun berikutnya. (AP)

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran
Gelandang Manchester City, Rodri

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Declan Rice memberi pujian untuk Rodri jelang pertandingan antara Manchester City vs Arsenal di Etihad Stadium dalam lanjutan Premier League, Minggu malam WIB 31 Maret.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024