Asosiasi Minta Dana Renovasi Pasar Diperbesar

VIVAnews - Pengelola pasar tradisional yang tergabung dalam Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo) meminta pemerintah memperbesar anggaran revitalisasi pasar tradisional. "Dalam APBN 2009, pemerintah hanya menganggarkan Rp 250 miliar," kata Deputi Kerjasama dan Investasi Asparindo Suhendro di Jakarta, Selasa 23 Desember 2008.

Menurut dia, dana tersebut terlalu kecil untuk membenahi seluruh pasar di Indonesia. Padahal jumlah
pasar tradisional seluruh Indonesia mencapai 12 ribu pasar, termasuk pasar desa. Sedangkan di DKI Jakarta ada sekitar 151 pasar tradisional. 

Asparindo mengusulkan pemerintah memperbesar anggaran menjadi Rp 1,5 triliun. "Masih ada sekitar 80 persen pasar tradisional di Indonesia yang perlu direvitalisasi," ujarnya. Sebagian besar pasar yang
harus direvitalisasi, karena bangunannya sudah tua dan membahayakan keselamatan.

Selain itu, Asparindo meminta pemerintah memperinci petunjuk pelaksanaan Peraturan Menteri Perdagangan No. 53/M-DAG/PER/12/2008 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan, dan Toko Modern. "Banyak hal yang sifatnya masih tarik menarik antar pemangku kepentingan," katanya.

Heboh Aksi Pedagang Buang Puluhan Ton Buah Pepaya, Ternyata Ini Penyebabnya
Pintu rumah dengan warna merah terang

Bosan Pintu Cokelat? Coba 4 Warna Cerah Ini Biar Rumah Makin Aesthetic

Warna pintu rumah adalah hal yang akan dilihat pertama kali oleh orang yang berkunjung. Oleh karenanya, pintu rumah harus memberikan kesan yang baik dan eye-catching.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024