Konversi Minyak Tanah Dipercepat

Alvin Lie: Ini Proyek Ambisius

VIVAnews - Pemerintah dinilai gegabah mengajukan konversi elpiji yang semula kelar 2010 menjadi 2009. Pasalnya, infrastruktur elpiji yang ada saat ini masih belum memadai.

"Dalam menyediakan elpiji tahun ini saja kualahan, apalagi kalau targetnya diperpendek menjadi 2009," kata Anggota Komisi Energi dari Fraksi Partai Amanat Nasional Alvin Lie kepada VIVAnews melalui sambungan telepon, Rabu 24 Desember 2008.

Saat ini Pertamina hanya memiliki tangki apung (floating storage) dengan kapasitas 40 ribu metrik ton, dan delapan kapal pengangkut elpiji , yang terdiri dari tiga kapal refrigerated (3 x 10 ribu metrik ton) dan lima kapal pressurized (5 x 1.800 metrik ton). Pada 2009, rencananya Pertamina akan menambah satu floating storage (40 ribu metrik ton) dan satu kapal semi refrigerated (1 x 10 ribu metrik ton).

Alvin mengatakan, pemerintah seharusnya memperbaiki sistem distribusi elpiji terlebih dulu. Supaya kelangkaan elpiji seperti yang terjadi saat ini tidak terulang. "Lebih baik pemerintah tidak memaksakan program itu," katanya.

Selain kelangkaan, ketidaksiapan pemerintah terlihat dari harga pasaran gas. Untuk ukuran elpiji 3 Kilogram, pemerintah mematok harga Rp 12.750 per tabung, atau Rp 4.250 per Kilogram. Kenyataannya di lapangan di atas Rp 16 ribu per tabung. Bahkan ada yang mencapai Rp 20 ribu per tabung. "Pemerintah harus menertibkan harga dulu sebelum konversi minyak tanah dipercepat," katanya.

Alvin meminta, sebelum elpiji didistribusikan dengan baik ke pasar, pemerintah tidak boleh menarik minyak tanah. Sebab, masyarakat masih tergantung pada kedua bahan bakar itu. "Ini proyek ambisius yang mengabaikan kepentingan rakyat," katanya.

Pemerintah mempercepat program konversi minyak tanah ke elpiji. Semula target subsidi nol persen yang akan dicapai pada 2010, diubah menjadi 2009. 

Pada 2009, pemerintah menargetkan bisa menyebarkan 40 juta paket konversi (tabung dan kompor gas) kepada masyarakat. Langkah ini dinilai memungkinkan, karena program konversi minyak tanah ke elpiji pada 2008 dianggap sukses dan saat ini sudah menjangkau 14,7 juta paket, dan hingga akhir tahun diperkirakan 15 juta paket.

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I
Billy Syahputra

Dekat dengan Banyak Wanita, Billy Syahputra Gerah Sering Dijodohkan

Billy Syahputra mengaku sempat ‘gerah’ dengan komentar netizen yang selalu menjodoh-jodohkannya dengan wanita yang dekat dengannya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024