Pilkada Maluku Utara

Abdul Gafur Bercerita di Buku Putih

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Jusuf Kalla, dan Menteri Dalam Negeri Mardiyanto dituding telah melakukan konspirasi dalam kasus pemilihan Kepala Daerah Maluku Utara. Kesalahan terbesar dinilai bukan pada keputusan pemerintah pusat tetapi dasar hukum yang digunakan.

"Pemerintah telah melakuan konspirasi di tingkat pusat maupun lokal demi pemenangan saudara Thayib Armayin. Ini adalah suatu pemerintah di era reformasi yang melakukan kezaliman dan kejahatan politik," ujar mantan calon gubernur Maluku Utara, Abdul Gafur dalam peluncuran Buku Putih Pilkada Maluku Utara, di Jakarta Media Centre, Jakarta Pusat, Rabu, 24 Desember 2008.

Buku putih karangan dua aktivis Himpunan Mahasiswa islam, Ramli HM Yusuf SH dan Helmi Djen ini, lebih banyak menceritakan mengenai Abdul Gafur yang gagal dilantik menjadi gubernur Maluku Utara. Pengarang mengatakan, buku ini dibuat agar bangsa ini mendapat pelajaran yang baik dan benar mengenai demokrasi, bukan pelajaran yang buruk.

Mantan Ketua MPR Amin Rais dalam kata pengantarnya mengatakan, pemerintahan saat ini adalah pemerintahan yang jauh dari berkah. Maka itu, Amin akan mendukung segala perjuangan yang dilakukan Abdul Gafur.

Sedangkan, anggota Komisi Bidang Pemerintahan Dewan Perwakilan Rakyat, Ryaas Rasyid mengatakan, yang menjadi permasalahan utama adalah dasar hukum yang digunakan Menteri Dalam Negeri Mardiyanto.

"Saya bukannya ingin membela Mardiyanto. Menurut saya Mendagri itu hanya alat saja. Sebab, sepertinya ada kepentingan yang harus diamankan. Jadi yang harus diinvestigasinya yaitu pada Mardiyanto dan MA (Mahkamah Agung)," ujar Ryaas.

Menurut Ryaas, mengapa Mardiyanto mengacu kepada dasar yang salah? Selain itu, perlu dipertanyakan juga mengapa Mahkamah Agung mengeluarkan fatwa untuk suatu proses pemilihan kepala daerah. "Apa yang membuat Mardiyanto begitu taat (kepada Presiden)," ujar Ryaas.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024