Piala AFF 2008

Thailand Rasakan Senjata Pamungkas Vietnam

VIVAnews - Vietnam berpeluang besar membuat sejarah di Piala AFF 2008. Vietnam membuka peluang  juara setelah di leg 1  final berhasil mengalahkan tuan rumah Thailand 2-1.

Bertanding di Stadion Rajamangala, tuan rumah Thailand langsung mengambil inisiatif menyerang. Peluang pertama Thailand didapat lewat Sutee Suksomkit. Sayang tandukan winger Thailand itu masih melebar di atas gawang Duong Hong Son.

Hampir separuh babak pertama, Thailand terus mengurung pertahanan Vietnam. Sayangnya, peluang yang diperoleh duo striker Thailand, Teerathep Winothai dan Teerasil Dangda tak ada yang membuahkan hasil.

Meski terus dikurung, Vietnam justru berhasil membuat pendukung tuan rumah terdiam. Serangan balik yang menjadi ciri khas skuad Henrique Calisto itu kembali efektif.

Berawal dari serangan balik yang cepat di menit 40, Nguyen Vu Phong berhasil menaklukkan Kosin Hathairattanakool. 1-0 untuk Vietnam.

Belum cukup tersentak dengan gol pertama, tim asuhan Peter Reid kembali dikejutkan Vietnam. Di sinilah kecerdasan Calisto yang mampu membangun counter attack ala Vietkong.

Berawal dari sprint dan diakhiri umpan terukur Nguyen Viet Thang, Le Cong Vinh berhasil membuat Vietnam unggul 2-0. Hingga babak pertama usai, Thailand tak mampu memperkecil ketinggalan.

Memasuki babak kedua, Peter Reid memasukan Arthit Soontornpit. Hal itu memang membuat lini depan Thailand lebih hidup. Terlebih setelah striker spesialis pengganti, Ronnachai Rangsiyo, masuk di pertengahan babak kedua.

Rangsiyo langsung membalas kepercayaan Reid dengan mencetak gol pertama Thailand. Berawal dari umpan Natthaphong Samana di menit 75, Rangsiyo berhasil mengecoh Hong Son. Kedudukan berubah menjadi 2-1.

Gol Rangsiyo berhasil membangkitkan semangat timnas Thailand. Meski terus mengurung  pertahanan Vietnam, namun hingga pertandingan usai, kokohnya pertahanan yang dibangun Vu Nhu Thanh di sektor kanan dan Huynh Thanh di kiri tak mampu ditembus Thailand.

Dengan kemenangan ini Vietnam berpeluang besar mencatat sejarah. Vietnam hanya membutuhkan hasil imbang di leg 2, Minggu, 28 Desember 2008 nanti di My Dinh Stadium, Hanoi, untuk menjadi juara Piala AFF kali pertama.

Putri Anne Blak-blakan Belum Bisa Move On dari Arya Saloka?
Syahrini

Syahrini Diduga Hamil, Sudah Masuk Usia 7 Bulan

Awalnya admin akun gosip tersebut menyoroti perbedaan foto yang tiap kali diunggah Syahrini dengan foto paparazi yang didapatkan netizen itu.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024