Bentuk Perusahaan Patungan

Bakrie dan Northstar Kuasai 21,4% Saham Bumi

VIVAnews - PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) akhirnya menuntaskan perjanjian kerja sama strategis dengan Northstar Pacific Partners Limited. Kedua pihak sepakat untuk membentuk perusahaan patungan (joint venture) yang menguasai 21,4 persen saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dengan komposisi 70:30.

"Kami puas, akhirnya proses transaksi ini mencapai kesepakatan sesuai jadwal. Keuntungan terpenting bagi Bakrie & Brothers tidak hanya karena tuntasnya perjanjian ini, tapi juga upaya menyelesaikan utang kami," kata Direktur Utama Bakrie & Brothers, Nalinkant A Rathod, dalam siaran pers perseroan yang diterima VIVAnews di Jakarta, Kamis 25 Desember 2008.

Menurut dia, utang perseroan tersebut seiring dengan pelemahan ekonomi global pada akhir September 2008, sehingga berimbas pada harga saham-saham grup Bakrie.

Perjanjian tersebut, lanjut Nalinkant, juga mencakup kepemilikan Bakrie & Brothers pada PT Bakrie Sumatra Plantations Tbk (UNSP) sebesar 42,6 persen, PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL) 48,3 persen, PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) 14,8 persen, PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) 43,2 persen, dan PT Bumi Resources Tbk (BUMI) sebesar 70 persen dari 21,4 persen saham di perusahaan patungan.

Selain itu, Bakrie & Brothers memiliki opsi untuk membeli kembali (buyback) 7,8 persen saham Bakrieland dari Avenue Capital, serta 4,2 persen saham Bumi dari Ancora Group.

Nalinkant menambahkan, Bakrie & Brothers akan melanjutkan proses restrukturisasi utang dalam dolar sebesar US$ 197 juta dan rupiah senilai Rp 425 miliar menjadi obligasi konversi (convertible bond/CB) Rp 4,26 triliun. Obligasi konversi itu akan ditukarkan menjadi saham paling lama setahun.

Bila program rasionalisasi portofolio tersebut berjalan lancar, utang grup Bakrie akan berkurang cukup signifikan dari sebelumnya US$ 1,2 miliar.

Obligasi itu akan dikonversi pada harga Rp 100-110 per saham dan mengacu pada peraturan pasar modal. Sementara itu, utang dalam dolar AS akan berjatuh tempo tiga tahun.

"Perjanjian ini akan menjadi kerja sama strategis jangka panjang antara Bakrie dan Northstar," ujar dia.

Nalinkant menjelaskan, upaya penyelesaian utang melalui program rasionalisasi itu diharapkan dapat memberi nilai tambah bagi pemegang saham di tengah situasi pasar yang tidak menentu. "Untuk Northstar, kesepakatan ini juga dapat mengoptimalkan imbal hasil bagi pemegang sahamnya," kata dia.

Hasil Liga 1: Bali United dan Dewa United Petik Poin Sempurna
Evakuasi mayat pria di trotoar Jalan Margonda

Pria 47 Tahun Ditemukan Tewas Bawa Bungkusan Pakaian Bekas di Trotoar Margonda

Aparat Reskrim Polres Metro Depok angkat bicara perihal kasus penemuan mayat di pinggir trotoar Jalan Margonda, Depok pada Sabtu sore 20 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024