Tenis 2008 dari Ujung ke Ujung

VIVAnews - Begitu banyak kejadian  di dunia tenis sepanjang 2008. Mulai dari perebutan peringkat pertama dunia dan  mundurnya beberapa petenis senior. Untuk menyegarkan ingatan apa  saja peristiwa yang terjadi, ada baiknya menilik sesaat kilas balik 2008 yang dirangkum dari yahoosport.

Januari
Bulan pertama di 2008 jadi momen terindah untuk Novak Djokovic. Di Australia Open ia mendapat gelar grand slam pertamanya sekaligus menjadi petenis Serbia pertama yang bisa melakukannya. Roger Federer ditekuk di semifinal. Kemudian Djokovic berhasil menumbangkan Jo-Wilfried Tsonga di partai puncak. Sedangkan di bagian putri, Maria Sharapova keluar sebagai juaranya. Buat Federer, di bulan Januari ia didiagnosa terkena mononucleosis (infeksi perut yang disebabkan virus). Penyakit yang kemudian mengganggunya hampir sepanjang tahun.

Februari
Juara sembilan kali Grand Slam, Monica Seles, mundur dari dunia tenis. Sales merupakan pemegang 53 titel dan juga merupakan petenis termuda yang pernah memenangi Perancis Terbuka (16 tahun 6 bulan).

Maret
Serena Williams memulai panen gelarnya di tahun 2008 pada bulan ini. Ia menggondol juara di Bangalore, India. Kabar gembira juga datang dari Andy Roddick yang bertunangan dengan model baju renang Brooklyn Decker.

April
Sharapova akhirnya meraih gelar lapangan tanah liat pertamanya di Amelia Island, AS.

Mei
Justine Henin mengejutkan banyak pihak ketika mengumumkan dirinya pensiun di usia 26 tahun. Ia merupakan satu-satunya petenis wanita yang pensiun di saat menduduki peringkat satu dunia. Sedangkan di bagian putra, petenis Brasil, Gustavo Kuerten, juga mengikuti jejak Henin setelah kalah di Roland Garros.

Juni
Rafael Nadal bersinar dengan memenangi gelar keempat Perancis Terbuka. Di final ia mengalahkan rival terkuat, Federer, dengan skor 6-1, 6-3, 6-0. Ini adalah rekor kekalahan terburuk untuk Federer. Di bagian putri, Ana Ivanovic memenangi Grand Slam pertama di Perancis Terbuka sekaligus mendorongnya sebagai petenis nomor satu dunia.

Juli
Nadal menjadi petenis kedua yang mengawinkan gelar Wimbledon dan Roland Garros di tahun yang sama. Di final, lagi-lagi ia mengalahkan Federer dalam final terlama dan terbaik dalam sejarah tenis. Federer takluk dengan skor 6-4, 6-4, 6-7 (5-7), 6-7 (8-10), 9-7. Sedangkan kisah all Williams final kembali terjadi di bagian putri. Venus mengalahkan Serena dan berhak atas gelar kelimanya di All England Club.

Agustus
Nadal dan Jelena Jankovic merebut mahkota petenis nomor satu dunia dari tangan pesaingnya. Nadal bertukar posisi dengan Federer yang pindah ke posisi dua,sedangkan Jankovic menjadi ratu tenis menyingkirkan Ivanovic. Gelar Nadal bertambah manis karena ia berhasil menggondol medali emas Olimpiade Beijing.

September
Federer memenangi gelar Grand Slam ke 13 setelah menaklukan US Open. Satu gelar lagi, ia akan menyamai prestasi yang diraih Pete Sampras sebagai petenis terbanyak yang memenangi Grand Slam. Di bagian putri, Serena keluar sebagai juara dan mengambil alih peringkat satu dunia darai tangan Jankovic. Namun cerita buram datang dari petenis Rusia, Nikolay Davydenko, yang harus menjalani pemeriksaan oleh ATP karena dicurigai mengatur hasil pertandingan.

Oktober
Jankovic kembali menjadi ratu tenis nomor satu dunia setelah menekuk Serena di final US Open. Sedangakan Nadal tetap kokoh sebagai raja tenis.


November
Djokovic memenangkan Turnamen ATP Master. Dan di bulan yang sama, Argentina memenangi Davis Cup untuk ketiga kalinya.

Desember

Lindsay Davenport mundur dari Australian Open karena sedang hamil anak kedua. Juara Grand Slam tiga kali itu memilih pensiun demi 'masa depan yang lebih baik'.

Wakil Ketua DPD Mahyudin Harap Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 Memotivasi Anak Muda Bangsa
Ilustrasi madu

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni

Perlu digarisbawahi bahwa hanya madu murni yang berkhasiat bagi kesehatan, bukan madu yang sudah dicampurkan dengan pengawet atau pemanis

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024