Skandal Susu Bermelamin di Cina

Para Bos Produsen Susu Sanlu Diadili

VIVAnews - Mantan direktur utama perusahaan susu Sanlu Group Co. di Cina, Tian Wenhua, menghadapi sidang pengadilan Rabu, 31 Desember 2008. Tian dikenai tuduhan menjual produk palsu dan di bawah standar. Selain Tian, tiga petinggi perusahaan yang menjadi pusat skandal susu bermelamin di Cina tersebut juga disidang. Empat orang tersebut bisa divonis hukuman mati jika terbukti bersalah.

Dengan menggelar sidang bagi tokoh-tokoh penting perusahaan Sanlu, pemerintah Cina tampaknya berupaya mengakhiri skandal yang mencoreng nama Negeri Tirai Bambu tersebu. Pemerintah Cina mengakui bahwa ada masalah keamanan makanan dan adanya tindak kejahatan oleh produsen.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Upaya otoritas Cina juga dilakukan dengan membayar kompensasi sebesar 1,1 miliar yuan (US$ 160 juta) untuk keluarga sekitar 300.000 anak yang menjadi korban akibat susu bermelamin, baik yang sakit maupun meninggal dunia.

Belum diketahui berapa lama sidang di Pengadilan Intermediate People Shijiazhuang di utara Cina akan berlangsung dan kapan keputusan akan diumumkan. 17 orang lainnya yang dianggap bertanggung jawab atas skandal susu bermelamin telah disidang beberapa hari lalu dengan setidaknya empat orang menghadapi vonis mati.

Mereka yang disidang beberapa waktu lalu adalah pelaku yang memproduksi zat kimia berbahaya melamin dan mengerdarkannya kepada produsen susu, dan juga kolektor yang mencampur melamin ke dalam susu mentah untuk kemudian dijual ke perusahaan-perusahaan susu.

Namun sidang terhadap orang-orang yang bertanggung jawab atas skandal susu tersebut hanya sedikit menghibur orang tua yang kehilangan bayi dan anak mereka yang mengonsumsi susu yang oleh pemerintah dinyatakan aman, padahal tidak demikian.

Produk susu ber-melamin buatan Cina telah mengakibatkan empat anak meninggal dunia dan lima puluh ribu lebih anak-anak menderita batu ginjal di Cina. Melamin merupakan bahan kimia berbahaya yang biasa digunakan sebagai campuran plastik.

Apabila dicampurkan ke dalam produk makanan, melamin bisa membuat kadar protein menjadi tampak lebih tinggi. Banyak negara di dunia telah mencekal atau menarik produk susu buatan Cina dari pasaran. Tidak hanya produk susu, produk makanan lain berbahan susu buatan Cina juga dicekal. (AP)

Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024