Pembangunan Majapahit Park Merusak

Jero Wacik: Memang Saya Gila Apa?

VIVAnews – Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik menegaskan pembanguan Trowulan Information Center atau Pusat Informasi Majapahit seluas 2.190 meter persegi tidak merusak cagar budaya. Pembangunan itu justru untuk melambungkan nama kerajaan itu di mata internasional.

"Emang saya orang gila apa? Seorang Menbudpar tidak mungkin merusak kebudayaan sendiri," jelas Jero Wacik di Istana Negara usai mengikuti penyerahan Daftar Isian Pelaksana Anggaran Tahun Anggaran 2009, Jakarta, Senin 5 Januari 2009.

Penegasan itu terkait dengan tudingan bahwa pembangunan Majapahit Park telah merusak situs Majapahit di Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Dengan adanya tudingan itu, Jero Wacik menilai, ada kesalahpahaman dengan pelaksana tugas dilapangan.

Menurut dia, apa yang menjadi konsep untuk pembangunan Trowulan itu disalahtafsirkan. Namun, dalam pelaksanaannya para pelaksana di lapangan telah menggali bekas Kerajaan Majapahit itu tanpa koordinasi. Sehingga, lanjut Wacik, tidak sesuai dengan konsep awal rencana pembangunan.
 
Oleh sebab itu, dirinya saat ini sedang melakukan komunikasi dengan para arkeolog-arkeolog mengenai duduk permasalahanya. "Konsep saya, bagaimana orang bisa melihat Kerajaan Majapahit dengan benar dalam sebuah gedung yang isinya ada video dan lain-lain," kata dia.
 
Sejak awal, jelas Jero Wacik, pembangunan Majapahit Park adalah proyek untuk mempersatukan situs-situs peninggalan ibu kota Majapahit di Trowulan dalam sebuah konsep taman terpadu. Tujuannya, untuk menyelamatkan situs dan benda cagar budaya dari kerusakan serta untuk menarik wisatawan.

So Sweet! Perjuangan Brandon Salim Berangkat ke Jepang Demi Lamar Kekasih
Park Sung Hoon di drama Queen of Tears

Aktor Park Sung Hoon Minta Maaf ke Penonton Atas Karakter Jahatnya di Queen Of Tears

Park Sung Hoon, aktor yang memerankan karakter Yoon Eun Sung dengan peran antagonis dalam drama Queen of Tears baru-baru ini membuat kejutan meminta maaf ke penonton.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024