Pekan Pertama 2009, Saham di Asia Naik

VIVAnews - Awal pekan pertama 2009 yang cerah bagi perdagangan saham di Asia. Semua indeks saham di bursa-bursa utama mengalami kenaikan di tengah optimisme para investor akan adanya harapan yang baik di tahun ini.

Tak seperti biasa, indeks harga saham di bursa Tokyo, Shanghai, Singapura, dan Taipei sama-sama naik lebih dari dua persen saat transaksi untuk perdagangan Senin ini, 5 Januari 2009, ditutup.

Di bursa Tokyo, indeks saham Nikkei 225 naik 183,56 poin atau 2,1 persen menjadi 9.043,12. Itu kali pertama indeks Nikkei menembus level 9.000 sejak 10 November 2008. Indeks saham di bursa Shanghai naik 3,1 persen menjadi 1.877,31. Begitu pula di Hong Kong yang naik 1,9 persen menjadi 15.327,36. Indeks saham di bursa India, Korea Selatan, Malaysia, dan Thailand juga meningkat.

Para investor tampaknya mendapat suntikan harapan setelah Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Barack Obama, Sabtu pekan lalu mendesak pimpinan Kongres untuk segera memuluskan program stimulus ekonomi, yang diperkirakan senilai US$ 775 miliar. Itu termasuk usulan pemotongan pajak US$ 300 miliar.

Efek kabar baik tersebut mengalahkan kekhawatiran atas sejumlah kabar, misalnya tanda-tanda bahwa sektor manufaktur di AS, Eropa, dan Cina kian buruk di tengah krisis keuangan global.  

Namun kalangan pengamat masih mewanti-wanti investor untuk tidak terlalu cepat gembira atas perkembangan yang muncul. Itu karena investor harus siap menghadapi situasi sulit pada paruh pertama tahun ini saat data pendapatan perusahaan dan kinerja ekonomi masing-masing negara tidak menunjukkan perkembangan yang berarti. 

"Perdagangan saat ini lebih mencerminkan efek yang sentimentil ketimbang fundamental," kata Dariusz Kowalczyk, pelaku strategi investasi dari CFC Seymour, Hong Kong. (AP)

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024