Gempa Guncang Manokwari

Rp 2,2 Miliar Belum Termasuk Perbaikan Jalan

VIVAnews – Pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp 2,25 miliar untuk kegiatan pascagempa 7,2 dan 7,6 skala richter di Manokwari, Papua Barat, pada Minggu 4 januari 2009. Namun, dana tersebut belum termasuk perbaikan jalan dan infrastruktur lainnya yang rusak akibat gempa.

"Menurut kami kerusakannya tidak terlalu parah," kata Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto usai melaporkan hasil kunjungann ke Manokwari di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Selasa 6 Januari 2009.

Menurut Djoko, dari hasil peninjauan hanya ada dua jalan dan tujuh jembatan yang mengalami kerusakan akibat gempa. Perbaikan terhadap infrastruktur yang diketahui rusak, hingga kini terus berjalan.

Tiga hari pascagempa, jelas Djoko, transportasi di Manokwari sudah berjalan normal. Hanya ada perhatian pada gedung-gedung yang mengalami retak baik itu hotel maupun tempat perkantoran-perkantoran di Manokwari.

"Kami sedang mengirimkan tim untuk meneliti, kalau itu tidak layak ya harus diruntuhkan," terang dia. Mengenai kerugian materi akibat gempa, Djoko belum bisa menjelaskan. Sebab, pemerintah masih menghitung jumlah kerugian akibat gempa itu.

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan

"Yang pasti penanganan gempa di Manokwari sudah sangat cepat sesuai dengan instruksi Presiden," ungkap dia.

Petugas yang mengawal Anies dan Keluarga selama Pilpres 2024 berpamitan

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Tugas tim pengawal yang melekat pada Anies Baswedan selaku Capres 2024 nomor urut 01 telah selesai dan mereka telah berpamitan kepada Anies dan Keluarga.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024