Umat Kristen Ortodoks Hari Ini Rayakan Natal

VIVAnews – Apakah teman-teman tahu ada yang merayakan Natal hari ini? Jika sebagian besar umat nasrani merayakan Natal 25 Desember, maka umat Kristen ortodoks merayakan Natal pada hari ini, 7 Januari 2009. Hal itu karena, penanggalan yang mereka gunakan berbeda.

Mereka menggunakan penanggalan Julian, yaitu penanggalan yang ditetapkan oleh penguasa Kekaisaran Romawi, Julius Caesar. Jadi, hari Natal mereka berbeda 13 hari dengan umat nasrani lainnya.

Perayaan dan misa Natal umat Kristen ortodoks terlihat di Rusia, Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya. Salah satu gereja ortodoks yang mengadakan misa Natal hari ini adalah Gereja Santo Yohanes Pembabtis di Mayfield, Amerika Serikat.

Pendeta Alexandra Sorochka, salah satu pendeta di gereja ortodoks itu, menyiapkan hidangan tradisional Rusia untuk malam Natal. Ada sauerkraut atau kubis fermentasi dan bawang goreng dengan jamur.

Buah prem juga disajikan. "Rendam buah itu hingga semua hadirin berkumpul malam ini, lalu saya akan mengeringkan buah-buah itu," kata pendeta Sorochka. Pada malam Natal, meja makan ditutup dengan rumput kering sebagai simbol palungan tempat kelahiran Yesus Kristus.

Dan, di atas meja akan disediakan 12 piring, masing-masing piring memiliki makna. "Ada 12 piring berbeda yang mewakili 12 rasul, satu piring untuk satu rasul. Melambangkan pahit dan manis kehidupan," jelas pendeta Sorochka.

Dan, tidak ketinggalan pohon terang dengan hadiah-hadiah Natal di bawahnya. Menggambarkan suasana Natal yang sangat hangat.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan
Satnarkoba Polres Metro Jakarta Selatan menangkap Selebgram Chandrika Chika dan 5 temannya di sebuah hotel di Setiabudi, Jakarta Selatan lantaran melakukan pesta narkoba jenis ganja.

Chandrika Chika Bakal Jalani Rehabilitasi di BNN Lido

Polres Metro Jakarta Selatan akhirnya mengajukan selebgram Chandrika Chika untuk melakukan rehabilitasi. Rencananya, Chika akan direhabilitasi di pusat BNN Lido.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024