Hindari DBD, Peliharalah Ikan Cupang

VIVAnews - Seiring intensitas hujan yang semakin tinggi, penyakit demam berdarah dengue diperkirakan bakal merebak. Lakukan tindakan pencegahan untuk melindungi keluarga Anda dari penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes Aegypti ini.

Pencegahan bisa dimulai dengan melakukan gerakan PSN 3M Plus atau pemberantasan sarang nyamuk dengan menguras bak mandi, menutup tempat penampungan air, menimbun barang bekas. Sedangkan plus-nya adalah satu langkah tambahan yang bisa Anda ciptakan sendiri.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emawati, menyarankan agar Anda memelihara ikan cupang sebagai langkah plus gerakan PSN 3M. "Karena ikan cupang sudah terbukti sebagai predator alami yang cukup baik untuk menghilangkan jentik nyamuk," ujarnya, Rabu 7 Januari 2009.

Langkah ini cukup mudah dan efektif. Satu bak penampungan air cukup diisi satu ekor ikan cupang. Ikan itu akan mengurangi beban Anda untuk membersihkan kotoran yang menempel di bak, termasuk jentik nyamuk. Anda pun tak perlu khawatir air menjadi amis.

Daya tahan ikan cupang sangat tinggi. Ia sangat mudah hidup di air yang bersih tanpa harus diberi makanan. Harganya pun sangat murah.

Langkah plus juga bisa Anda lakukan dengan menempatkan ovitrap (perangkap telur). Alat ini bisa dimodifikasi sendiri dari sebuah pot atau bejana yang ditutup selembar kain kasa gelap.

Setelah terisi air penuh, tempatkan ovitrap buatan Anda di tempat-tempat gelap tempat nyamuk biasa bersarang. Nyamuk pun akan terpancing untuk bertelur disana. Ketika telur tersebut sudah berkembang menjadi nyamuk dewasa, nyamuk itu akan terperangkap di dalam ovitrap dan akhirnya mati.

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo
RUPST Toba Energi Utama.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Laba Bersih TBS Energi Utama 2023 Naik 77,8 Persen

Emiten energi PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) mengumumkan, laba bersih perseroan tercatat sebesar US$20,8 juta pada 2023.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024