Lima Presiden AS Makan Siang Bersama

VIVAnews - "Ini merupakan pertemuan yang luar biasa," demikian kesan Barack Obama jelang makan siang bersama dengan George W. Bush dan tiga mantan presiden Amerika Serikat (AS) yang masih hidup, Bill Clinton, George H.W. Bush dan Jimmy Carter, Rabu sore 7 Januari 2009 waktu Washington DC (Kamis pagi WIB). Ini merupakan pertemuan pertama di Gedung Putih antara para mantan presiden, presiden yang tengah menjabat, dan presiden terpilih yang segera dilantik.

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu

Selain itu, makan siang di Gedung Putih tersebut juga merupakan reuni pertama antar mantan presiden yang masih hidup dalam 27 tahun terakhir - tepatnya sejak Oktober 1981.

"Mereka semua di sini sudah paham atas berbagai tekanan dan peluang di kantor ini," kata Obama, yang segera menggantikan Bush yunior menjadi penghuni Gedung Putih - berikut ruang kantor Oval Office - minimal selama empat tahun mulai 20 Januari 2009. "[Pertemuan] ini merupakan kesempatan bagi saya untuk mendapatkan nasihat yang berguna sekaligus pertemanan dari mereka. Ini luar biasa dan saya sangat bersyukur kepada mereka," lanjut Obama.

Pertemuan langka ini terjadi berkat inisiatif Bush yunior, yang terus menjadi sasaran kritik Obama saat berkampanye jelang pemilihan umum tahun lalu. "Kami-kami yang telah bertugas di kantor ini paham bahwa kantor ini jauh lebih penting daripada individu yang menghuninya," kata Bush. "Dan kami semua dan juga bangsa ini berharap semoga Anda sukses menjalankan tugas," lanjut Bush kepada Obama di tengah sorotan dan jepretan kamera para wartawan, yang berlangsung selama kurang dari dua menit. 
 
Temu-muka para mantan presiden, presiden yang tengah menjabat, dan presiden terpilih tersebut menandakan bahwa pada dasarnya mereka tetap menjalin persahabatan yang erat, walaupun memiliki perbedaan pandangan politik maupun pendukung partai yang berbeda. Obama, Clinton, dan Carter adalah pendukung Partai Demokrat, sedangkan kedua Bush merupakan kebanggaan Partai Republik.

Namun pihak Gedung Putih tidak mengungkapkan topik-topik apa yang mereka bicarakan dalam pertemuan tersebut. Jamuan makan siang tersebut berlangsung selama 90 menit. Carter, Clinton, dan kedua Bush terakhir kali bertemu saat menghadiri pemakaman presiden Gerald Ford tahun 2007. Namun, baru kali ini mereka bisa bersama-sama bertemu dengan Obama - orang kulit hitam pertama yang segera memerintah AS. (AP)
 

Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 
Catherine Wilson

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Round-up dari kanal Showbiz pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang Catherine Wilson yang merasa malu karena mobil pemberian Idham Masse ditarik leasing.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024