Krisis Politik Thailand

Pemerintah Koalisi Menangkan Suara Mayoritas

VIVAnews - Perdana Menteri Thailand Abhisit Vejjajiva, Senin 12 Januari 2009 menyambut kemenangan pemerintahan yang dipimpinnya dalam pemilihan kunci yang memperkuat koalisi menduduki kekuasaan, dalam percobaan pertama jajak pendapat.

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Koalisi yang dipimpin Partai Demokrat ini berhasil mendapat 20 dari 29 kursi yang diperebutkan dan oposisi hanya mendapatkan sembilan kursi, menurut hasil awal yang dirilis oleh Komisi Pemilu, Minggu malam usai pemilihan.

Jajak pendapat ini membangkitkan harapan akan terbentuknya stabilitas setelah berbulan-bulan kekacauan politik.

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu

“Hasil dari pemilu merefleksikan rakyat yang ingin melihat negara ini bergerak maju dan tak terkotak-kotak lagi,“ kata Abhisit kepada wartawan di kantor PM di Bangkok.

“Ini juga merefleksikan bahwa rakyat ingin pemerintahan memecahkan masalah ekonomi dan sosial negara ini secepatnya,” lanjut Abhisit.

Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 

Pemilihan Minggu kemarin dipicu oleh Mahkamah Konstitusi yang menjatuhkan pemerintahan pro Thaksin sebelumnya dan melarang sejumlah anggota parlemen terlibat politik karena tuduhan kecurangan suara.

"Hasil pemilihan ini memperkuat posisi pemerintah. Pemilih yang paham politik ingin memberi kesempatan pada pemerintahan sekarang untuk bekerja “ kata pakar politik Prayad Hongtongkhum kepada AFP seperti dikutip Channel NewsAsia, Senin 12 Januari 2009.

“Tapi politik Thailand berubah sangat cepat, apapun bisa terjadi, terutama bila pemerintahan sekarang tak bisa menjalakan tugasnya dengan baik,” tambahnya.

Direktur Humas Komisi Pemilu Thailand, Ruengroj Chomsueb mengatakan Partai Demokrat memenangkan tujuh kursi dan sekutu mereka menangguk 13 kursi, sementara dua partai yang terkait Thaksin meraup sembilan kursi.

Estimasi suara telah terhitung 60 persen, meskipun hasilnya masih perlu disahkan oleh Komisi Pemilu dan secara resmi diumumkan dalam waktu satu bulan.

Abhisit mengatakan, dia sangat bersyukur pada rakyat Thailand. “Saya bisa meyakinkan rakyat bahwa kursi tambahan yang kami dapatkan akan membuat pemerintah bekerja lebih mulus di parlemen, “ kata Abhisit kepada wartawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya