Demokrat Setuju Perampingan Fraksi DPR

VIVAnews - Fraksi Partai Demokrat sepakat dengan usulan perampingan fraksi di parlemen. Menurut Demokrat, terlalu banyak fraksi membuat pengambilan keputusan di parlemen lamban dan tidak efektif. "Ini juga seiring dengan semangat perampingan partai-partai," kata Ketua Fraksi Partai Demokrat, Syarief Hasan.

Usulan perampingan fraksi ini dimasukkan dalam Rancangan Undang-undang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Fraksi Demokrat membayangkan, nantinya setiap fraksi minimal beranggotakan 20-30 orang. 

"Diusahakan setiap fraksi jumlahnya tidak lagi minimal 13 orang seperti sekarang," kata Syarief di sela Rapat Konsultasi Pimpinan Fraksi DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 13 Januari 2009.

Dengan anggota 20-30 orang, maka akan terdapat minimal dua anggota fraksi untuk setiap komisi atau alat kelengkapan DPR. Selama ini, kata Syarief, fraksi yang berjumlah minimalis ini sering mengganggu mekanisme pengambilan keputusan.

"Contoh yang paling simpel, setiap ada kunjungan ke luar negeri atau kunjungan komisi, orangnya itu-itu saja yang berangkat," kata suami presenter Inggrid Kansil itu.

Terpopuler: Beberapa Selebgram Ditangkap Polres Jaksel, hingga Daftar Harga Tiket Konser Sheila On 7
Ilustrasi pergerakan manusia/seseorang beraktifitas.

Pendingin Udara Ini Bisa Mendeteksi Pergerakan Manusia

Sensor 'Intelligent Eye' mampu bekerja mendeteksi pergerakan manusia dalam ruangan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024