Copa Indonesia 2008/2009

Gol Tunggal Saktiawan Muluskan Jalan Persik

VIVAnews – Persik Kediri berhasil merebut kemenangan perdananya di bawah asuhan pelatih baru Aji Santoso. Pada leg pertama babak 24 besar Copa Indonesia 2008/2009, tim bejuluk Macan Putih itu mengalahkan tamunya Persiba Bantul, 1-0. Pertarungan digelar di Stadion Brawijaya, Kediri, Selasa, 13 Januari 2009.

Satu-satunya gol yang tercipta pada pertandingan ini dicetak oleh striker Persik Kediri, Saktiawan Sinaga menit ke-30. Mantan striker PSMS Medan berhasil mengecoh penjaga gawang Persiba, Arif Musafak dengan sontekan kaki kanannya. Bola meluncur pelan di luar jangkauan Arif yang sempat terjatuh usai berebut bola di udara.

Unggul 1-0 membuat semangat Persik kembali meningkat. Tiga menit berselang, pemain belakang Persik Kediri, Hamka Hamzah berhasil menyarangkan bola di gawang Persiba setelah menerima umpan matang dari tendangan bebas Ronald Fagundez.

Sayang, gol itu dianulir oleh wasit, Jimmy Napitupulu. Sebelum melepaskan tembakan dari sisi kiri gawang Persiba, Hamka telah dinyatakan berdiri pada posisi offside.  Akibatnya, skor tidak berubah 1-0 dan bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Persiba mulai meningkatkan serangannya. Tim berjuluk  Laskar Sultan Agung itu berhasil menciptakan beberapa peluang berbahaya. Salah satunya lewat kaki striker Persiba asal Argentina, Ezequiel Gonzalez  di menit ke-50.

Striker berambut gondrong itu berhasil menusuk hingga kotak penalti lawan dan melayangkan sontekan kaki kanan dari jarak satu meter di depan gawang Persik. Beruntung, penjaga gawang tuan rumah, Ahmad Kurniawan berada di posisi yang tepat. Hasilnya, bola mendarat tepat di pelukan mantan kiper Arema Malang itu.

Gagal mencetak gola di awal babak kedua, Persiba terus meningkatkan serangannya. Namun kokohnya barisan pertahanan Persik yang dimotori oleh Hamka Hamzah cs masih mampu mematahkan gempuran pemain-pemain Persiba.

Persik juga tak mau kalah. Jawara Liga Indonesia 2003 dan 2006 itu berhasil memanfaatkan kelemahan barisan pertahanan tim tamu yang sedikit terbuka karena keasyikan menyerang. Serangan balik yang dimotori oleh Ronald Fagundez beberapa kali menciptakan peluang berbahaya.

Namun hingga pluit babak kedua dibunyikan, Persik tidak mampu menggandakan keunggulannya. Skor pun berakhir 1-0 untuk kemenangan tuan rumah.

Kemenangan ini membuat langkah Macan Putih menuju babak 16 besar lebih ringan. Sebab untuk melangkah ke babak selanjutnya, Persik hanya butuh hasil seri saat bertandang ke markas Persiba Bantul,  Stadion Sultan Agung, Bantul, Sabtu, 17 Januari 2009.

The Cause of Athens Sky Turns Orange
Kiper Indonesia U-23, Ernando Ari

Ernando Ari Viral di Korea Selatan karena Joged Mengejek Lawan

Ernando Ari, kiper Indonesia U-23 kini viral di Korea Selatan. Aksinya usai menahan eksekusi penalti pemain Korea selatan U-23, Lee Kang-hee yang menjadi sorotan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024