Satuan Tugas Antiteror Kejaksaan

"Kejahatan Lintas Negara Akan Jadi Trend"

VIVAnews - Satuan tugas antiteror Kejaksaan Agung hari ini, Jumat 16 Januari 2009 dilantik. Jaksa Agung, Hendarman Supanji mengatakan satuan tugas dibentuk untuk mempercepat penanganan perkara terorisme dan lintas negara.

"Terorisme adalah kejahatan yang merugikan banyak pihak merupakan pelanggaran hak asasi manusia berat," kata Hendarman usai pelantikan 28 anggota Tim Satuan Antiteror Kejaksaan di Kompleks Kejaksaan Agung, Jalan Hasanuddin, Jakarta, Jumat 16 Januari 2009.

Sedangkan kejahatan transnasional, kata Hendarman, perlu mendapat perhatian serius. Sebab, "Ini sesuatu yang rumit, termasuk kejahatan teknologi, perdagangan manusia, penyelundupan, dan pencucian uang," tambah dia.

Menurut Hendarman, pemerintah harus lebih waspada. "Kejahatan lintas negara akan jadi trend, akan makin sering dihadapi," kata Hendarman. Selama 2005- 2008, tambah dia, ada 123 perkara yang ditangani satuan tugas. Paling banyak adalah perkara perdagangan manusia sebanyak 85 perkara, 36 tindak pidana terorisme, dan dua perkara pencucian uang.

Berdasarkan dokumen Keputusan Jaksa Agung RI  No Kep -146/A/JA/11/2008, dinyatakan bahwa pertimbangan pelantikan satuan tugas antiteror adalah surat dari Kedutaan Besar Amerika Serikat tanggal 18 September 2008. Surat itu berisi tentang perjanjian perpanjangan tugas tindak pidana terorisme dan kejahatan lintas negara.

Satuan tugas  antiteror dibentuk dengan dana bantuan dari Amerika dan Australia. Pada September 2005, Pemerintah Amerika Serikat memberikan dana sekitar US$ 750 .000 sebagai dukungan bagi Kejaksaan Agung Indonesia untuk memerangi berbagai kejahatan transnasional, termasuk terorisme, kejahatan dunia maya, pencucian uang dan perdagangan manusia.

Menhan Israel Pasang Badan untuk Batalion Netzah Yehuda yang Dijatuhi Sanksi AS

Bantuan itu diserahkan pada 12 September 2005 oleh Duta Besar Amerika Serikat Lynn B. Pascoe dan diterima Jaksa Agung, Abdul Rahman Saleh.

Ilustrasi kucing (foto/pixabay))

5 Common Cat Diseases, Everything You Need to Know

Cat, beloved companions to million people worldwide, are  susceptible to a range of health issues that owners should be aware of.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024