Pentolan “Gang of Four” Ditangkap di Cina

VIVAnews - Pada tanggal 11 Oktober 1976, Hua Guofeng, ketua Partai Komunis Cina yang baru, memerintahkan penangkapan “Gang of Four” di Cina.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Gang of Four atau “Siren Bang” adalah julukan yang diberikan Mao Zedong kepada faksi politik pimpinan Jian Qing yang beranggotakan Wang Hongwen, Yao Wenyuan, dan Zhang Chunqiao. Keempatnya adalah pendukung utama Revolusi Kebudayaan yang digulirkan Mao sepuluh tahun sebelumnya.  

Selama Gang of Four berkuasa, jutaan orang menjadi korban pembersihan ideologi Mao. Sebagian dijadikan pekerja paksa dan sisanya dieksekusi. Jian Qing adalah aktris yang menjadi isteri ketiga Mao. Ia mulai memegang kekuasaan di Cina semenjak Mao sakit-sakitan.

Pasca kematian Mao pada 9 September, bersama anggota Gang of Four lainnya, Jian berusaha mengambil kekuasaan, namun gagal. Keempatnya dikenai tahanan rumah dan pada bulan Juli 1977 dikeluarkan dari Partai Komunis.

Pada 20 November 1980, keempat anggota Gang of Four diadili dengan tuduhan percobaan kudeta. Seluruhnya dihukum mati, namun kemudian dikurangi menjadi seumur hidup. Jian Qing dibebaskan tahun 1991, namun meninggal tidak lama setelah itu. Berturut-turut, Wang Hongwen meninggal pada April 1992, Zhang Chunqiao pada April 2005 dan Yao Wenyuan pada Desember 2005.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Sidang Lanjutan sengketa perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Kubu 01 dan 03 meminta izin ke MK agar bisa menghadirkan sejumlah menteri dalam persidangan sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024