Sepuluh Tips Agar Bisa Tidur Nyenyak

VIVAnews - Setelah bekerja ngebut seharian, apakah selama ini anda sulit tidur dengan nyenyak? Sesungguhnya itu bukan kejutan karena sebagian dari kita terkadang atau malah sering tak memiliki waktu yang cukup untuk tidur.

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

Betapapun, tidur yang tidak teratur selain akan membuat anda kecapekan, juga akan berakibat buruk bagi kesehatan dan kecerdasan anda.

Penelitian terkini menunjukkan bahwa jika anda kehilangan 90 menit waktu tidur, itu akan membuat anda kehilangan 32 persen waktu istirahat dalam sehari.

Sebaliknya, jika anda tidur enam jam melebihi kebiasaan anda, maka konsentrasi dan kewaspadaan anda akan buruk seperti ketika anda mabuk setelah minum.

Bagaimana tidur yang pas dan cukup untuk mengistirahatkan tubuh kita, majalah Wedding Magazine.co.uk memaparkan 10 tips agar bisa tidur nyenyak.

1. Rapikan tempat tidur anda. Meski tempat istirahat penuh dengan boneka, buatlah tempat tidur serapi dan sebersih mungkin.

2. Yakinkan bahwa suhu dan ventilasi kamar tidur berfungsi dengan baik. Suhu terbaik ruangan untuk tidur antara 16 - 18 derajat Celcius.

3. Jangan menggunakan tempat tidur untuk aktivitas lain selain tidur. Bukan ide yang baik memakai kasur untuk kegiatan lain. Biarkan tubuh anda istirahat di kasur yang empuk ketika waktu istirahat tiba.

4. Istirahat teratur. Biasakan pergi dan bangun tidur pada jam yang sama setiap harinya, bahkan pada akhir pekan.

5. Buatlah sedikit ritual sebelum tidur. Misalnya, memakai satu atau dua hal yang bisa anda lakukan setiap malam, misalnya meminum teh herbal atau mendengarkan musik santai. Ini akan mengajarkan pada badan anda bahwa ini saatnya untuk pergi istirahat.

6. Jangan cemas. Jika anda menghadapi masalah, tulislah masalah tersebut dan bagaimana solusinya sebelum beranjak tidur. 

7. Meminum susu hangat adalah cara yang baik sebelum tidur. Susu mengandung tryptophan yang membantu serotonin - sebuah bahan kimia yang bisa membantu relaks.

8. Pergilah tidur ketika anda sudah lelah.

9. Hindari gunakan obat tidur. Sebab, itu akan menimbulkan ketergantungan ketika anda merasa perlu tidur.

10. Hindari alkohol dan kafein. Cobalah untuk tidak meminum teh, kopi dan soft drink setidaknya lima jam sebelum anda tidur.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna
Irish Bella.

Jelang Lebaran, Irish Bella Ajarkan Anak Cara Bedakan Nominal Uang THR

Setelah mengajarkan anaknya membedakan uang yang nominalnya lebih besar, Irish Bella juga melatih sang anak mencium tangan orang yang sudah memberikannya THR.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024