Mengapa Bintang Bersembunyi Saat Hujan?

VIVAnews - Apa jadinya jika saat malam hari di langit tidak ada bintang ? Wah, langit pasti akan terlihat gelap. Ketika bintang-bintang menghiasi angkasa, pasti akan terlihat kerlap-kerlip yang indah.

Bintang adalah benda langit yang menghangatkan dan menyinari planet-planet di sekitarnya. Semua benda langit akan berkeliling memutari bintang-bintang. Sebenarnya, bentuk bintang itu cukup besar. Tetapi karena letaknya jauh sekali dari bumi, bintang terlihat sangat kecil dan berkelip-kelip.

Bintang itu bentuknya seperti bola, dan terbuat dari gas hidrogen (H) dan helium (He). Bintang itu seperti bola api yang menyala dan sangat terang. Bintang dapat terlihat dari bumi karena pantulan cahaya infra merah, ultraviolet, dan sinar X.

Beberapa bintang ada yang selalu berdekatan seperti kembar. Para astronom, yaitu ahli perbintangan, menyebutnya bintang biner. Warna bintang pun ada bermacam-macam, yaitu gabungan dari biru dan putih, jingga, kuning dan merah.

Tapi, tahukah teman-teman, kita tidak bisa melihat bintang di saat hujan. Benda angkasa satu ini malah bersembunyi sebelum dan saat hujan turun. Hal ini karena bintang tertutup awan tebal yang membawa air hujan.  Namun, jangan cemas teman-teman, setelah hujan berhenti dan langit kembali cerah, bintang-bintang akan kembali muncul.

Jika ingin melihat bintang lebih dekat dan jelas, kita harus menggunakan teleskop. Alat ini berfungsi untuk melihat benda-benda di langit. Nah, jika kalian ingin melihat bintang menggunakan teleskop besar kalian bisa datang ke Boscha di Lembang, Bandung. Tapi datangnya jangan saat musim hujan, karena nanti tidak terlihat.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP
Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024