Internet Kian Terjangkau

Pulau di Indonesia akan Terhubung Kabel Optik

Sejumlah pulau-pulau utama di Indonesia akan memiliki jalur pita lebar ke jaringan telekomunikasi dunia. Jalur itu dimungkinkan dengan akan dipasangnya kabel fiber optic bawah lauh dalam beberapa bulan mendatang.

Fujitsu Limited, perusahaan penyedia solusi IT asal Jepang ditunjuk untuk membangun sistem yang disebu JaKa2LaDeMa. Nantinya, sistem kabel optik itu akan menghubungkan Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Bali, dan Lombok. Adapun operasionalnya akan ditangani oleh Telkom Indonesia.

"Fujitsu gembira dapat memberikan kontribusi signifikan pada pembangunan infrastruktur jaringan di Indonesia, yang merupakan salah satu negara dengan perkembangan tercepat di dunia" ucap Gensei Katano, Group Vice President of Photonic Systems Group, Submarine Networks, Fujitsu di keterangan pers resminya yang VIVAnews kutip, 21 Januari 2009. "Penunjukan ini merupakan bukti dari kehebatan portofolio jaringan kami serta juga komitmen kami terhadap Indonesia. Kami juga akan terus bekerjasama dengan NSW untuk memberikan sistem kabel bawah laut tercanggih bagi PT Telkom," kata Katano.

Menurut keterangan resminya, untuk mengimplementasikan sistem dengan kontrak senilai 100 juta dolar AS tersebut, Fujitsu bekerjasama dengan Norddeutsche Seekabelwerke (NSW) asal Jerman.

Kabel bawah laut itu nantinya akan menjadi medium untuk jaringan telepon, internet, video, data, dan layanan lain dan merupakan koneksi bandwidth tinggi pertama di antara pulau-pulau tersebut. Saat ini, di sebagian pulau-pulau di atas sudah tersedia koneksi internet broadband hingga 2Mbps, tetapi belum merata.

Fujitsu juga menyebutkan bahwa pembangunan sistem perkabelan bawah laut JaKa2LaDeMa dijadwalkan rampung pada Maret 2010.

Respons Polisi soal Pengakuan Mengejutkan Sopir Truk Pemicu Kecelakaan Beruntun di GT Halim
Serangan Israel di RS Al-Shifa (Doc: Anadolu Ajansi)

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Pasukan Israel telah membunuh lebih dari 200 warga Palestina dalam serangan yang sedang berlangsung di Rumah Sakit Al-Shifa di Kota Gaza.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024