Menkeu: Pidato Obama Penuh Kejutan

VIVAnews - Menteri Keuangan Sri Mulyani memuji pidato Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang baru saja dilantik, terutama yang menyangkut kekhawatiran Obama terhadap krisis ekonomi.

"Pidato Obama sangat surprise karena dalam akhir paragraf pertamanya, sepertinya menunjukkan kekhawatirannya akan situasi ekonomi ke depan. Seperti yang dia sebutkan dalam pidatonya bahwa situasi ekonomi akan terperosok lebih dalam," kata Menkeu.

Menkeu menyatakan hal itu saat dimintai tanggapannya soal pidato Obama di sela acara pameran Indogas di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu 21 Januari 2009.

Pernyataan Obama itu, kata Menkeu, menunjukkan masalah yang  sesungguhnya bahwa permintaan akan kebijakan merupakan hal yang sangat fundamental. "Indonesia sudah pernah melewati hal-hal itu, terutama ketika sepuluh tahun lalu pada saat krisis," kata Menkeu.

Saat itu, imbuh dia, Indonesia belum memiliki satu presiden yang dipilih langsung dengan damai dan memberitahukan kepada rakyat Indonesia bahwa negaranya benar-benar sedang menghadapi tantangan ekonomi yang fundamental.

"Namun, tanpa hal itu, Indonesia sudah memiliki pengalaman dalam melakukan perubahan fundamental lebih kurang satu dekade lalu. Seperti misalnya reformasi yang terjadi setelah adanya krisis ekonomi di Asia," katanya. Krisis itu akhirnya membawa ekonomi Indonesia menuju perbaikan  dan juga menempatkan Indonesia sebagai negara yang layak disejajarkan dengan negara-negara berkembang lainnya di dunia.

Prediksi Premier League: Brentford vs Manchester United
Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka

Putra Mahkota Abu Dhabi Telepon Gibran Ucapkan Selamat Jadi Pemenang Pilpres 2024

Gibran Rakabuming Raka menerima ucapan selamat usai ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024 dari Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Khaled bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024