Buah dan Sayuran Pelindung Tubuh

VIVAnews - Makanan sehat dari bahan alami merupakan penyuplai nutrisi penting bagi tubuh. Selain menjadi bahan bakar tubuh untuk beraktivitas, kandungan nutrisi dalam buah dan sayur membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Sistem ini berfungsi sebagai 'tameng' untuk mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh.

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Tiap buah dan sayur punya kemampuan melindungi bagian-bagian tubuh.

Bok choy dan rhubarb untuk tulang
Sayuran ini kaya kandungan kalsium. Mineral tersebut sangat penting untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang. Sedangkan rhubarb, sayuran hijau berbatang merah, kaya vitamin K. Vitamin ini membantu mengaktifkan protein yang diperlukan untuk kesehatan tulang dan meningkatkan kadar mineral pada tulang.

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

Buah dan minyak zaitun untuk ovarium
Sebuah penelitian di Italia menemukan bahwa konsumsi buah atau minyak zaitun bisa mengurangi risiko terkena kanker ovarium hingga 30%. Kandungan lemak sehat pada minyak zaitun bisa mencegah kerusakan sel tubuh dan menekan pertumbuhan sel kanker.

Melon dan jeruk untuk payudara
Kandungan vitamin C yang sangat tinggi dalam melon dan jeruk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa konsumsi vitamin C alami dari buah-buahan, bukan dari suplemen, bisa membantu mencegah kanker payudara.

Verrell Bramasta Berharap Prabowo-Gibran Lebih Fokus Pada Kemajuan Anak Muda

Anggur untuk kesehatan jantung
Anggur merah atau ungu mengandung bahan pewarna flavonoid. Bahan iniĀ  juga terdapat pada buah atau sayuran berwarna gelap seperti blueberry, blackberry, sawi merah, dan sebagainya.

Flavonoid merupakan zat makanan yang bisa melindungi hati dan jantung, mencegah masuknya kanker, serta penurunan fungsi kerja otak. Studi terbaru di University of Michigan menemukan bahwa buah ini juga bisa membantu mengontrol tekanan darah.

Walnut untuk otak
Kandungan asam lemak omega 3 pada kacang ini bisa membantu perkembangan sel otak. Selain itu, asam lemak omega 3 juga membuat sel otak berkoordinasi lebih baik sehingga meningkatkan fungsi kerja kognitif, ingatan dan kesehatan saraf.

Ubi untuk pankreas
Ubi bisa membantu melepas gula ke dalam peredaran darah secara perlahan. Sehingga meringankan kerja pankreas yang bertugas menjaga kadar gula darah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya