Liverpool Dijual ke Taipan Kuwait

VIVAnews - Satu klub Inggris lagi mungkin akan jatuh ke tangan orang Timur Tengah. Setelah Manchester City, kini Liverpool sedang bernegosiasi dengan keluarga taipan asal Kuwait.

Salah satu pemilik The Reds, Tom Hicks, dikabarkan sedang memulai diskusi dengan taipan Timur Tengah itu. Daily Telegraph mengklaim bahwa Liverpool ditawarkan 600 juta pounds alias Rp 9,3 triliun.

Pembicaraan awal dilakukan dengan keluarga Al Kharafi yang dipimpin oleh Nasser Al Kharafi. Pria dengan kekayaan 9 miliar pounds ini menjadi orang terkaya nomor 48 di dunia. Keluarga Al Kharafi juga sempat menolong Newcastle United dengan memberikan pinjaman, tahun lalu.

Liverpool sedang menjajaki peminjaman awal sebesar 350 juta pounds kepada keluarga Kuwait itu. Juli 2009 nanti, Hicks dan George Gillett yang memiliki saham 50-50 di Liverpool akan mempertimbangkan secara resmi untuk menjual klub lima kali juara Eropa itu.

Kunci negosiasi dari keluarga Al Kharafi adalah keponakan laki-laki Nasser, Rafed Al Kharafi. Jasa konstruksi, sejumlah aktivitas perbankan, catering dan wisata menjadi basis kekayaan keluarga Kuwait itu.

Liverpool memulai diskusi dengan Al Kharafi saat Direktur Keuangan, Phillip Nash, yang juga teman dekat Hicks, pergi ke Kuwait, awal pekan ini. Nash berharap bantuan buat Liverpool, terutama menyangkut proyek pembangunan stadion baru. Alhasil, rencana penjualan klub 600 juta pounds terus dimatangkan.

Pembicaraan dengan Al Kharafi telah dua kali dilakukan dalam 12 bulan terakhir. Pemilik Liverpool asal Amerika itu memang hanya ingin menjual klub kepada mereka.

Akhir tahun lalu, keluarga Kuwait itu menghentikan negosiasi saat Gillett menawarkan Liverpool. Pasalnya, Hicks justru tak sepakat, sehingga terjadi salah paham di antara duet pemilik Liverpool itu.

Viral di Media Sosial Tawuran Brutal Antar Pelajar, 3 Pelaku Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun
Ilustrasi pengendara sepeda motor

Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal

Baru-baru ini terjadi di media sosial, sebuah video di media sosial memperlihatkan pengendara motor menabrak sebuah mobil pikap hingga terjungkal.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024