Program Jahat

Bajak iWork 09, Awas Kena Trojan!

Intego, perusahaan keamanan software khusus Mac menemukan trojan file bernama iWorkServices. File itu masuk ke sistem ketika pengguna menginstalasikan bundel aplikasi iWork09 bajakan yang terinfeksi trojan yang bersangkutan.

“Installer trojan horse itu berjalan ketika pengguna mulai melakukan instalasi iWork, setelah installer meminta pengguna memasukkan password administrator,” menurut juru bicara Intego pada Information Week, seperti dikutip VIVAnews, 23 Januari 2009. “Software ini otomatis diinstalasikan sebagai startup item di mana ia memiliki hak akses read, write, dan execute di root.”

Pengguna Mac OS X versi 10.5.1 atau sebelumnya tidak dimintai password ketika instalasi. Sedangkan file tersebut akan masuk ke /System/Library/StartupItems/iWorkServices, lokasi di mana aplikasi-aplikasi yang dijalankan setiap komputer diaktifkan berada.

Intego menemukan trojan tersebut pada beberapa kopi dari software produktivitas terbaru Apple yakni iWork 09 yang beredar secara ilegal di beberapa situs.

Setelah terinstalasi, malware itu akan menghubungkan diri ke sebuah server di Internet yang memungkinkan penulis malware mencuri informasi, mengontrol komputer dari jarak jauh, atau memicu komputer untuk mendownload komponen perusak tambahan. Menurut Intego, setidaknya sekitar 20 ribu orang sudah mendownload iWork 09 yang terinfeksi. Mereka juga menyarankan pengguna Mac untuk tidak melakukan download iWork dari situs yang tidak memiliki reputasi jelas.

Menurut Apple, pengguna yang membeli iWork versi retail yang asli tidak perlu memasukkan serial number untuk dapat menggunakan seluruh fungsi software. Tetapi, pengguna yang mendownload versi trial dan memutuskan untuk membeli tetap dimintai kode serial. Sampai saat ini, belum diketahui apakah model pemberian serial number ini dapat menurunkan pembajakan iWork.

Proyek Kantor Prabowo di IKN Senilai Rp 1,7 Triliun Mulai Dilelang
Qatar vs Timnas Indonesia U-23

Shin Tae-yong Beber Kondisi Pemain Indonesia U-23: Sangat Down!

Pelatih Shin Tae-yong membeberkan kondisi pemain Indonesia U-23 saat ini. Dia mengatakan anak asuhnya sangat down, usai kalah dari Qatar U-23 di Grup A Piala Asia U-23.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024