IBM Lengkapi Aplikasi BlackBerry

Tak hanya mendukung teknologi push e-mail korporat dengan Lotus Domino, dalam rangka mempererat hubungannya dengan RIM, IBM juga berencana menyediakan lebih banyak software Lotus untuk konsumer bisnis BlackBerry tahun ini.
 
"RIM dan IBM terus memperkuat platform BlackBerry dengan meluncurkan sejumlah portofolio Lotus baru yang mendukung jejaring sosial enterprise," kata Jim Balsillie, wakil CEO RIM dalam pernyataan resminya, yang dikutip VIVAnews dari InformationWeek, Jumat 23 Januari 2009.
 
Dijadwalkan pada kuartal dua nanti, pengguna BlackBerry akan dapat memiliki akses untuk menggunakan dokumen-dokumen format terbuka berbasis Lotus Symphony. Tak lama setelah itu, RIM juga akan memungkinkan dukungan pada file presentasi dan lembar kerja.
 
Tak hanya itu, sejumlah fitur pada Lotus Connection juga akan diperbarui di periode yang sama. Pengayaan fitur tersebut meliputi improvisasi pada blog, komunitas, dan beberapa aktivitas.
 
"Kolaborasi ini diharapkan mampu membuat BlackBerry jauh lebih efektif dalam menunjang mobilitas bisnis di seluruh dunia," ucap Balsillie.
 
Memasuki pertengahan tahun, para konsumer bisnis BlackBerry lagi-lagi akan kehadiran portofolio baru dari Lotus. Pada periode itu, pengguna BlackBerry akan dapat menikmati Lotus Quickr, yaitu piranti lunak besutan IBM untuk mengolaborasi file-file dokumen, foto, dan video. Tak hanya menguntungkan pengguna, para pengembang juga mendapat keuntungan dengan hadirnya dukungan Lotus Domino Designer dan XPages pada periode yang sama.
 
"Fitur-fitur kolaborasi Lotus dan sejumlah developer tool yang baru pada platform BlackBerry ini akan mengantarkan produktivitas di luar area kantor," kata Bob Picciano, general manager untuk IBM Lotus Software. "Dengan demikian, para konsumer bisnis, yang umumnya memiliki mobilitas tinggi, tetap bisa bekerja secara efisien kapan pun dan di mana pun bereka berada," ucapnya.
 
Pengayaan juga improvisasi jajaran Lotus pada BlackBerry ini membuat produk ponsel pintar RIM tersebut mampu berkompetisi dengan ponsel-ponsel pintar lainnya berbasis Windows Mobile.
 
Hal ini terkait pernyataan Shirley Imanata, marketing manager Mito Mobile, di sela-sela peluncuran Mito 9000 Power Duo di Jakarta, 13 Januari lalu.
 
Shirley mengatakan, "Ada beberapa fungsi yang tidak dimiliki BlackBerry tetapi Windows Mobile memilikinya, misalnya fungsi edit pada aplikasi perkantoran Word, Excel, dan Powerpoint."
 
Dengan diumumkannya rencana RIM untuk memperkaya fitur-fitur Lotus-nya pada BlackBerry, termasuk penyediaan Lotus Symphony yang mendukung penuh aplikasi perkantoran dengan format file dokumen terbuka (Open Document), RIM berhak menyanggah pernyataan Shirley tersebut ketika implementasinya rampung.

Cekcok Hebat dan Bergumul di Kamar, Suami Sadis Ini Tega Bunuh Istri Pakai Obeng
(Tengah) Anggota Komisi C DPRD DKI, Esti Arimi Putri

Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi

Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta, Esti Arimi Putri menilai pentingnya upaya pemberdayaan daya beli terhadap semua golongan demi mengendalikan inflasi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024