BI: Luar dan Domestik Pengaruhi Rupiah

VIVAnews - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang terus berfluktuasi menjadi perhatian serius Bank Indonesia. Rupiah yang nyaris mendekati 12.000/US$ dipengaruhi faktor luar dan domestik.

Meski Dilarang AS dan Barat, Israel 'Keukeuh' Akan Tetap Kembali Serang Iran

"Itu (melemah) karena pasar, ada pergerakan di pasar. Itu mempengaruhi mata uang lain," kata Gubernur Bank Indonesia Boediono di Gedung DPR, Jakarta, Senin 2 Februari 2009.

Menurut Boediono, melempemnya rupiah awal pekanini karena gejolak mata uang paman Sam yang menguat signifikan. "Itu mungkin ada faktor domestik juga karena ada kebutuhan-kebutuhan," kata Boediono.

Polisi Sebut Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari Kerja Open BO

Meski begitu, kata Boediono, BI akan terus setia menjaga pasar. "Kita tetap di pasar," ujarnya.

Pasar uang, rupiah sempat menyentuh level 11.950/US$ sebelum akhirnya kembali ke level Rp 11.700-an/US$. Pukul 13.20 WIB, indeks mata uang Bloomberg menunjukkan rupiah bertengger di posisi 11.770/US$. Sedangkan kurs tengah mata uang asing Bank Indonesia berada di posisi Rp 11.700/US$.

Dua Anak-anak Sempat Terjebak di Dalam Toko Bingkai yang Kebakaran
Ilustrasi Matahari

5 Negara Tanpa Malam, Matahari Hampir Tidak Pernah Terbenam

Sebagian besar negara di dunia mengalami siklus siang dan malam, tetapi ada negara-negara di mana fenomena matahari tengah malam terjadi, yang artinya matahari terus ada

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024