ICW Akan Laporkan Dua Dugaan Korupsi ke KPK

VIVAnews - Indonesia Corruption Watch akan melaporkan dua dugaan korupsi ke Komisi Pemberantasan Korupsi. Dugaan korupsi itu terjadi di Angkasa Pura I, Jakarta dan Mahkamah Agung.

"Kami ke KPK jam 8 pagi dan rencananya akan bertemu Pimpinan KPK, M Jasin," kata anggota Badan Pekerja Indonesia Corruption Watch, Emerson Yuntho, Selasa 3 Februari 2009.

Di Angkasa Pura I, ICW menduga ada indikasi korupsi pada proses pengadaan dan pelaksanaa E-Auction di PT Angkasa Pura I. Kerugian negara terindikasi mencapai Rp.7.018.962.463,75. "Dan telah memenuhi unsur-unsur dalam pasal 2 ayat 1 dan pasal 3, UU No 31/1999 jo UU No 20/2001 tentang Tindak Pidana Korupsi," kata Emerson.

Sedangkan, di instansi Mahkamah Agung, ICW melaporkan dugaan korupsi berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK 2006 dan 2008. Dugaan korupsi berkaitan dengan pengelolaan keuangan di Mahkamah Agung yang diduga ada penyimpangan sampai Rp 21,3 miliar.

"Mulai dari proyek pengadaan barang dan jasa, pengelolaan biaya perkara sampai dugaan penyimpangan anggaran untuk kepentingan pribadi pimpinan, hakim agung," jelasnya.

Penyimpangan itu terjadi pada periode 2005 hingga 2007 semasa MA dipimpin oleh Ketua MA, Bagir Manan.

Viral Pungli di Trotoar Depan Gedung DPR, Heru Budi: Sudah Ditertibkan
Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono mengunjungi Gereja Katedral.

Rencana Food Estate di Kepulauan Seribu, Heru Budi Bilang Begini

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menjelaskan perencanaan pembangunan lumbung pangan atau food estate di Kabupaten Kepulauan Seribu untuk keberlangsun

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024