Pemilihan Umum 2009

Demokrat: Ada Dua Syarat Koalisi Partai

VIVAnews – Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, mengatakan koalisi partai pada pemilihan umum harus diikat dengan kesamaan visi dan pembagian kekuasaan (power sharing) yang proporsional.

“Tanpa ikatan kesamaan haluan, koalisi hanya akan menjadi pragmatis,” kata Anas melalui pesan singkat telepon yang diterima VIVAnews, Selasa 3 Januari 2009. “Karena hanya diikat oleh power sharing.”

Sebaliknya, kata dia, kesamaan haluan saja tidak dapat membangun koalisi yang baik, bila tidak diselesaikan dengan power sharing. Menurut Anas, mustahil terjadi koalisi tanpa power sharing. “Koalisi tanpa kesamaan haluan juga rapuh dan mudah pecah,” kata dia.

Power sharing yang adil dan proporsional, kata dia, idealnya berbasis modal politik. Modal itu adalah hasil pemilihan legislatif. 

Karena itu, koalisi pemilihan presiden secara definitif baru dapat dilakukan setelah partai mengetahui hasil pemililhan legislatif. 

Itulah sebabnya koalisi setelah pemilu tidak dapat dinilai semata-mata sebagai kepentingan pragmatis.  Anas mengatakan, itu lebih tepat dilihat sebagai finalisasi koalisi dengan ikatan power sharing yang adil dan proporsional, sehingga lebih kuat dan permanen.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah
Habib Aboe Bakar Al HAbsyi di DPP PKB bersama elite PKS dan PKB

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

PKS akan menggelar acara halal bihalal pada Sabtu, lusa, di kantor DPP PKS. Semua paslon capres cawapres diundang, termasuk parpol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024