DPR Usul Anggaran Belanja Dipangkas

Ketua Panitia Anggaran, Emir Moeis meminta agar pemerintah memangkas belanja negara terkait dengan usulan pemerintah untuk mengurangi defisit anggaran dari 1,7 persen menjadi 1,3 persen dari produk domestik bruto.

Menurut Emir, sejumlah fraksi sepakat untuk mengurangi defisit anggaran. Ada yang usul turun menjadi 1,3 persen, ada yang satu persen. Bahkan, ada pula yang mengusulkan nol persen. Yang penting, dia mengingatkan bagaimana cara mengurangi defisit tersebut.

"Kalau fraksi PDI Perjuangan usulkan agar pemerintah realistis saja, kurangi anggaran belanja," katanya di DPR, Jakarta, Selasa (14 Oktober 2008). Upaya memangkas anggaran belanja, menurut Emir, ditujukan untuk menghindari pemerintah meminjam kepada investor asing. "Tapi ini kan kesepakatan bukan cuma urusan PDIP saja, sepertinya fraksi-fraksi lain juga menerima hal itu."

Namun, usulan menggunakan surat utang negara juga tetap dibahas.

Menurut dia, lambatnya penyerapan anggaran oleh kementerian atau lembaga bukan suatu hal yang wajar. Itu seharusnya ditindak lanjuti. Bahkan, akan lebih baik jika persoalan penyerapan anggaran dioptimalisasi. "Selanjutnya dari rumusan angka ini defisit bisa ditekan."

Emir melihat kenyataan belanja kementerian lembaga selalu tidak pernah mencapai 100 persen. Malah sebenarnya penyerapan di bawah 92%, tetapi diklaim 92%. "Coba kalau seperti sekarang penyerapan baru 50%, kalo digelontor mendadak di ujung seperti ini pasti hasilnya tidak akan bagus," ujar Emir.

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti
Ghea Indrawari

Belum Kepikiran Nikah, Ternyata Ini Kriteria Pria Idaman Ghea Indrawari

Namun di usianya sekarang ini, Ghea Indrawari merasa masih ada banyak hal yang perlu ia lakukan sendiri termasuk mengejar kariernya di industri hiburan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024