Worm Baru Mengancam Komputer

VIVAnews -- Belum lagi virus Conficker hilang dari ingatan, kini muncul lagi sebuah program berbahaya yang mengincar komputer.

Namanya P2P-Worm.Win32.Deecee.a. Worm (program berbahaya semacam virus yang mampu ini mereplikasi diri sendiri) ini, menyebar lewat jaringan peer-to-peer.

Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI

Hebatnya, ia juga mampu mengunduh file-file jahat lain ke dalam komputer yang terinfeksi. 

Perusahaan keamanan komputer Kaspersky telah memasukkannya ke dalam daftar Top 20 program-program jahat yang beredar di bulan Januari.

Kaspersky memasukkan worm ini ke daftar bukan karena banyaknya jumlah mesin yang telah diinfeksi olehnya, tapi karena jumlah replikasi yang begitu banyak.

Worm itu mampu menggandakan dirinya pada tiap komputer yang terinfeksi berkali-kali ketika sedang terinstal. Sekali saja ia terinstal di komputer, worm akan membuat kopian dirinya dapat diakses oleh publik.  

File-file yang terjangkit oleh Worm kemungkinan memiliki nama dengan menggunakan sebagai sebuah prefiks seperti “Crack” atau "Patch", atau nama sebuah aplikasi atau game populer seperti Adobe Illustrator (semua versi), GTA San Andreas Action 1 DVD”, dan lain sebagainya.

Sementara Virus Sality.aa masih bertahan sebagai virus berbahaya di posisi teratas daftar To 20. Ia bahkan kini ditemani varian virus Sality baru, yaitu Sality.z. Ini menjadikan virus Sality sebagai keluarga virus yang sangat berbahaya dan menyebar secara luas saat ini.

Di bulan Januari, total terdapat 46.014 program-program jahat, iklan, dan program yang tidak diinginkan, yang berhasil terdeteksi pada komputer pengguna.

Diduga Sindir Chandrika Chika, Jefri Nichol Disenggol Netizen Soal Kasus Narkobanya Sendiri

Hal lain yang perlu dicatat, masa-masa liburan tak menurunkan penemuan program jahat. Sebaliknya terdapat lebih dari 7.800 contoh program ‘liar’ hingga Desember.

Daftar Program Berbahaya selama Januari

1   Virus.Win32.Sality.aa
2   Worm.Win32.Mabezat.b
3   Net-Worm.Win32.Nimda
4   Virus.Win32.Xorer.du
5   Virus.Win32.Alman.b
6   Virus.Win32.Sality.z
7   Virus.Win32.Parite.b
8   Virus.Win32.Virut.q
9   Trojan-Downloader.HTML.Agent.ml
10  Virus.Win32.Virut.n
11  Email-Worm.Win32.Runouce.b
12  Worm.Win32.Otwycal.g
13  P2P-Worm.Win32.Bacteraloh.h
14  Virus.Win32.Hidrag.a
15  Virus.Win32.Small.l
16  Virus.Win32.Parite.a
17  Worm.Win32.Fujack.bd
18  P2P-Worm.Win32.Deecee.a
19  Trojan.Win32.Obfuscated.gen
20  Virus.Win32.Sality.y

sumber: Kaspersky Lab

Pesan Penting Haedar Nashir untuk Prabowo Usai Ditetapkan Presiden Terpilih
Kembaran Yamaha Aerox 155 di Malaysia, Yamaha NVX 155 dapat warna baru

Yamaha Aerox 2024 Makin Sporty dan Elegan dengan Warna Barunya

Yamaha NVX 155 atau yang dikenal sebagai Yamaha Aerox 155 di Indonesia kini mendapatkan pilihan warna baru di Malaysia. Ada 4 warna baru yang diberikan pada skutik ini.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024