CEO Lenovo, William J Amelio Mundur

VIVAnews -- Setelah mengalami penurunan keuntungan dan penjualan di kuartal ketiga 2008, CEO perusahaan komputer asal China Lenovo, William J Amelio, mengundurkan diri.

Amelio yang sebelumnya pernah memperkuat Dell, direkrut oleh Lenovo sejak 2005, untuk menolong Lenovo yang saat itu baru saja mengakuisisi unit bisnis komputer  IBM.

Amelio, yang berasal dari Amerika Serikat, dipercaya untuk memimpin Lenovo untuk membawa perusahaan China itu menjadi perusahaan global.

Polisi Ungkap Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Diduga Menistakan Agama

Di bawah kepemimpinannya, Lenovo sempat menjadi vendor komputer ketiga terbesar di belakang Hewlett-Packard dan Del. Namun tahun lalu, posisinya melorot ke posisi empat setelah posisi Acer.

Pada 2008, saham Lenovo sempat jatuh hingga 70 persen. Awal bulan ini, Lenovo juga mengumumkan rencananya memecat 2.500 karyawan, atau sekitar 11 persen dari seluruh angkatan kerjanya,

Posisi Amelio yang kosong digantikan oleh Yang Yuanqing, yang selama ini menduduki posisi Chief Executive. Selain itu, Lenovo juga akan menarik kembali Liu Chuanzi, pendiri perusahaan sekaligus bekas Chairman Lenovo, untuk kembali menduduki posisi Chairman.

Dalam pernyataan tertulisnya, CEO baru, Yang, mengatakan bahwa perusahaannya akan lebih fokus pada bisnis di China. Hal senada dikatakan oleh Liu. 

"Lenovo telah berkembang secara sukses di dunia, namun pada tahap ini sangat penting untuk menaruh perhatian pada bisnis kami di China, sebagai fondasi dari strategi pertumbuhan dan bisnis global kami," kata Liu, seperti dikutip dari New York Times.

Waketum Nasdem, Ahmad Ali di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2024

Ahmad Ali Temui Prabowo, Sekjen Nasdem: Bagian dari Silaturahmi, Pak Prabowo Pernah ke Sini

Sekertaris Jenderal Partai Nasdem, Hermawi Taslim, menegaskan kalau kehadiran Wakil Ketua Umum Nasdem Ahmad Ali ke rumah pribadi Prabowo Subianto dalam rangka silaturahmi

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024