Flu Burung

Satu Warga Bali Suspect Flu Burung

VIVAnews -  Belum usai penanganan kasus rabies di Bali, flu burung kini mengancam Pulau Dewata. Salah seorang warga,  Putu Prana Yoga (20) yang beralamat di Banjar Sibang, Desa Jagapati, Abiansemal, Badung diduga flu burung.

Dugaan mengarah ke flu burung karena Yoga memiliki riwayat kontak langsung dengan unggas yang mati akibat flu burung. Menurut petugas surveillance dari Puskesmas Abiansemal II, Dwi Tresnaningsih Yoga sudah ditangani. "Sudah kita beri tamiflu dua kali sehari dengan dosis 75 miligram dan juga obat-obat yang lain," kata Dwi ketika ditemui di rumah Yoga, Selasa 10 Februari 2009.

Pemberian tamiflu, kata Dwi, diberikan selama tujuh hari berturut-turut. "Tiap lima jam terus dilakukan observasi," tambah Dwi.
 
Sampai saat ini status Yoga masih diduga flu burung. Menurut Dwi, sampel darah Yoga sudah dikirimkan ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan. "Hasilnya baru keluar dua minggu lagi," kata Dwi.

Suhu badan Yoga hingga 38 derajat celcius disertai dengan sesak napas. Namun setelah dilakukan pengecekan, ternyata respirasinya normal yaitu 16 kali per menit. Meski demikian, Yoga masih dalam pengawasan dari Puskesmas.

Secara terpisah, Sekretaris Penanganan Flu Burung Rumah Sakit Sanglah, dr Ken Wirasandi kembali mengingatkan pada jajaran pelayanan untuk kewaspadaannya apabila menemukan pasien yang mengalami panas tinggi dan sesak napas untuk segera menanyakan apakah ada riwayat kontak unggas atau tidak. "Mudah-mudahan setelah 1,5 tahun berlalu tak ada lagi kasus flu burung di Bali," harapnya.

Posko Flu Burung mencatat, sampai 16 Januari 2009, dari 12 provinsi yang terinfeksi flu burung pada manusia, 6 provinsi tidak ditemukan lagi kasus flu burung. Provinsi yang sudah bebas adalah  Provinsi Lampung (infeksi 22 September 2005), Provinsi Sulawesi Selatan (infeksi 18 Juni 2006), Provinsi Sumatera Selatan (infeksi 10 Maret 2007), Provinsi Jawa Timur (infeksi 19 Maret), Provinsi Sumatra Utara (infeksi 3 Mei 2007 ), dan Provinsi Bali (infeksi 14 Agustus 2007).

Sampai pertengahan Januari 2009, menurut data Departemen Kesehatan, penularan flu burung masih berasal dari unggas ke manusia. Bukan dari manusia ke manusia. Buktinya, pemeriksaan spesimen terhadap semua kontak kasus menunjukkan negatif.

Laporan : Wima Saraswati|Bali

So Sweet! Perjuangan Brandon Salim Berangkat ke Jepang Demi Lamar Kekasih
Park Sung Hoon di drama Queen of Tears

Aktor Park Sung Hoon Minta Maaf ke Penonton Atas Karakter Jahatnya di Queen Of Tears

Park Sung Hoon, aktor yang memerankan karakter Yoon Eun Sung dengan peran antagonis dalam drama Queen of Tears baru-baru ini membuat kejutan meminta maaf ke penonton.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024