Prosesor Multi Core

Phenom II Konflik dengan DDR3-1333

VIVAnews - Belum genap satu minggu prosesor AMD Phenom II yang mendukung DDR3 dengan socket AM3 diumumkan. Belum lagi hadir di pasaran, apalagi dalam kuantitas besar, sebuah masalah kompatibilitas ditemukan. Ternyata, prosesor itu tidak akan bekerja dengan lebih dari satu keping memori DDR3 1333MHz per channel. Jika dipasang lebih dari satu keping per channel, sistem tidak akan berfungsi dengan normal.

Menurut informasi TechPowerUp, seperti VIVAnews kutip 13 Februari 2009, AMD sendiri yang mengabarkan masalah ini di dokumen revisi terbaru seputar prosesor tersebut di situs resminya. 

Di halaman 80 dokumen tersebut, AMD menjelaskan bahwa masalah ditemukan pada sub sistem memori DDR3. Pada mesin yang menggunakan lebih dari satu keping memori PC-10600 di satu channel memory, pengguna mungkin akan menemukan ketidakstabilan.

AMD tidak menjelaskan lebih lanjut informasi lebih lanjut seputar gejala ketidakstabilan tersebut. Tetapi masalah tidak akan mempengaruhi sistem yang hanya menggunakan satu modul memori di setiap kanal, dengan kata lain jika hanya ada satu atau dua keping memori saja yang tertancap di motherboard. Masalah baru muncul jika pengguna memasang tiga atau empat memori DDR3-1333MHz.

Dengan munculnya masalah ini, pengguna disarankan untuk menggunakan dua keping saja memori DDR3-1333MHz pada motherboardnya, bisa dalam modus single channel ataupun dual. Bagi yang terlanjur memiliki 3 atau 4 modul memori DDR3-1333 dan ingin menggunakan semua dalam satu waktu, saran AMD adalah mengeset memorinya untuk berjalan di 533MHz (atau DDR 1066MHz) dan diperkenankan untuk memperketat timing DRAM.

AMD sendiri menyatakan bahwa mereka sedang dalam proses memperbaiki masalah tersebut. Pada prosesor Phenom II stepping berikutnya, masalah tersebut diharapkan sudah tidak tersedia.

Min Hee Jin dari ADOR Ngaku Konsultasi dengan Dukun Tentang BTS
Buah Alpukat - Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Alpukat, buah lezat yang seringkali dijuluki sebagai mentega alami, bukan hanya memberikan cita rasa yang lezat di dalam hidangan, tetapi juga menawarkan sejumlah manfaat

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024