Cina Menyerbu Vietnam

VIVAnews – Setelah terlibat konflik perbatasan selama beberapa minggu, pada 17 Februari 1979, tentara Cina menyerbu masuk ke dalam wilayah Vietnam.

Prabowo Tak Hadir di Acara Halal Bihalal PKS, Ini Alasannya

Menurut laman berita BBC, serangan Beijing tersebut dilakukan untuk membalas aksi militer Vietnam yang telah membunuh dan melukai 300 tentara dan warga sipil Cina di perbatasan.

Hubungan Beijing dan Hanoi memang telah memanas sejak setahun sebelumnya, saat Vietnam menyerbu Kamboja yang merupakan sekutu dekat Cina.

Soal Anggapan Raja Penalti Liga 1, Begini Pembelaan Arema FC

Sejak saat itu, Cina telah mengerahkan tidak kurang dari 150 ribu pasukan ke perbatasan Vietnam guna memaksa Hanoi menarik tentaranya dari Kamboja

Hanya dalam hitungan hari, seluruh wilayah Vietnam utara jatuh ke tangan Cina. Hanoi, yang menyadari keunggulan militer Cina, memilih melakukan taktik gerilya daripada berhadapan langsung dengan pasukan Tirai Bambu tersebut.

Terkuak, Ada Perjanjian Pisah Harta Harvey Moeis dan Sandra Dewi

Setelah hampir satu bulan menggelar operasi militer, pada 16 Maret 1979, Cina menarik tentaranya dari Vietnam. Invasi Cina ke Vietnam tersebut gagal memaksa Hanoi menarik tentaranya dari Kamboja. Vietnam masih terus menempatkan tentaranya di Kamboja hingga tahun 1989.

Tokoh agama Papua

Tokoh Agama Papua: Jangan Ikut Ajakan Sesat Aksi Demo 1 Mei, Pihak Tidak Bertanggungjawab

Adapun aksi demonstrasi tersebut itu rencananya digelar di Jayapura pada 1 Mei yang diklaim sebagai Hari Aneksasi Papua ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024