Penjaringan Calon Presiden Golkar

Papua: Sultan Baik, Kalla Berprospek

VIVAnews - Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Papua menilai Sri Sultan Hamengku Buwono X adalah figur yang baik. Sementara Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla dinilai memiliki prospek yang bagus.

"Dari segi budaya, Sultan orang yang memiliki etika yang baik dan dia berasal dari kraton," kata Ketua DPD Golkar Provinsi Papua, John Ibo, kepada  VIVAnews di sela-sela pembekalan calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari Golkar, Jakarta, Rabu 18 Februari 2009.

"Sultan memiliki pengaruh yang besar di Jawa. Jadi, penghinaan bagi kraton bila Sultan masuk calon wakil presiden. Dia tetap menjadi calon presiden karena itu untuk mengangkat budaya kraton," lanjut Ibo.

Sementara Kalla itu dinilai baik di Golkar. "Dia mempunyai prospek yang baik. Dia satu-satunya orang Indonesia dari bagian timur yang diberi kepercayaan menjadi pemimpin. Kalla memiliki rasa nasionalisme yang tinggi," kata Ibo.

Selama ini, ujar Ibo, Kalla telah membuktikan ke-Indonesiaannya yang luar biasa. Tapi kerugian Kalla adalah kalau orang Jawa masih berpikir bahwa Indonesia itu Jawa. "Kalau ada perubahan paradigma berpikir bahwa Indonesia itu milik kita bersama, Kalla bisa menang," katanya.

Namun pembicaraan Sultan dan Kalla ini, kata Ibo, disimpan dulu sampai Pemilu 9 April. Konsentrasi Golkar adalah memenangkan Golkar.

"Kami akan mendukung siapapun yang nanti menang, misalnya Sultan atau Susilo Bambang Yudhoyono karena semuanya orang Indonesia yang memiliki visi untuk membantu Indonesia," katanya.

DPP Berani Ungkap Indonesia sedang Dilanda Krisis Paling Berbahaya
 Ilustrasi sedekah

Inspirasi Membantu Sesama

"Kami berharap kegiatan ini tak hanya menjadi sekadar acara, tetapi juga menjadi momentum untuk menginspirasi orang lain agar turut berpartisipasi dalam membantu sesama."

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024