Lawatan Hillary Clinton ke Jakarta

Steve Hanke: Pasar Bebas RI-AS Opsi Terbaik

VIVAnews - Prof Steve Hanke, pakar Ekonomi Internasional dari Amerika Serikat menyarankan agar Indonesia dan Amerika Serikat tetap mempertahankan perdagangan bebas.

Steve Hanke mengakui berbagai negara saat ini sedang menghadapi kemerosotan ekonomi, termasuk dialami oleh Amerika Serikat. Gara-gara resesi ekonomi tersebut banyak negara melindungi pasar dalam negerinya.

Menlu Retno Disarankan Segera Kontak Iran Agar Tidak Serang Balik Israel

Untuk menghadapi situasi tersebut, kata kuncinya adalah menjaga perdagangan bebas. "Opsi terbaik bagi Indonesia - Amerika adalah pasar bebas," ujarnya di Jakarta, Rabu, 18 Februari 2009. "Kita sulit mengakhiri great depression (resesi ekonomi yang mendalam) tanpa pasar bebas."

Dia menyampaikan tanggapan terkait dengan kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Rodham Clinton ke Jakarta pada Rabu dan Kamis ini. Kendati kunjungan itu lebih fokus pada agenda politik, banyak kalangan berharap masalah ekonomi juga disinggung.

Steve menyarankan agar Indonesia dan Amerika sama-sama menekan batasan-batasan perdagangan kedua negara. Perdagangan bebas, menurut dia, merupakan satu kebijakan positif untuk mengembangkan pasar kedua negara.

Dia mengakui memang ada kecenderungan sikap nasionalisme dan proteksionisme menguat di tengah krisis keuangan dan resesi ekonomi global. Namun, dengan lawatan Hillary ini, dia berharap kecenderungan berkurang. 

"Saya senang dengan kunjungan Hillary ke Indonesia," kata profesor dari Universitas John Hopkins, Baltimore, USA. "Hillary akan mempromosikan keterbukaan dan kebebasan."

Korban tewas dan selamat banjir bandang saat dievakuasi ke Puskesmas di Kabupaten Langkat.(istimewa/VIVA)

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

Banjir badang atau air bah terjang lokasi wisata pemandian Kolam Abadi Teroh-teroh/Pelaruga Jungle, di Dusun I Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingei, Sumatera Utara.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024