Gempa di 6,1 SR di Sulawesi Utara

Sulawesi Utara Diguncang Gempa 6,1 SR

VIVAnews - Gempa tektonik berkekuatan 6,1 Skala Richter menggundang Melonguane, Sulawesi Utara, Senin dini hari pukul 00:45:24 WIB. Menurut Badan Meteorologi dan Geofisika gempa terjadi pada titik koordinat 3,54 derajat Lintang Utara dan dan 126,71 derajat Bujur Timur.

Pusat gempa terjadi pada 125 Km tenggara Melonguane atau 137 Km tenggara Tahuna, Sulut, dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa tak menimbulkan tsunami.

Jalan Salib Kolosal di Ruteng Ikut Dijaga Remaja Muslim, Ribuan Orang Menyaksikan

Menurut Kepala Bidang Gempa Bumi Badan Meteorologi dan Geofisika, Suharjono gempa yang terjadi dini hari tadi adalah rentetan gempa 7,4 skala Richter yang mengguncang Sulaweswi Utara pada Kamis 12 Februari 2009.

"Gempa dini hari tadi masih dalam wilayah gempa 7,4 skala Richter beberapa waktu lalu. Namun, tidak persis di titik gempa sebelumnya," kata Suharjono kepada VIVAnews, Senin 22 Februari 2009.

Kekuatan gempa yang 6,1 skala Richter, menurut Suharjono, tak signifikan meski gempa-gempa susulan pasca gempa 7,4 skala Richter hanya di kisaran 5 skala Richter.

Ditambahkan dia, gempa-gempa susulan masih akan terjadi. "Di daerah Indonesia Timur kondisi tektonis lebih fracture. Pelepasan masih bisa terjadi menuju kesetimbangan," kata Suharjono.

Kondisi tektonis Indonesia Timur, jelas Suharjono, bisa dibayangkan seperti kaca mobil. Ketika dilempar benda-benda keras, akan timbul lebih banyak pecahan di kaca mobil ketimbang di kaca lainnya, seperti kaca rumah. "Begitu kena pecahannya jadi banyak, seperti itulah kondisinya. Kaca mobil lebih fracture dari kaca lainnya," tambah dia.

Membintangi Drakor Populer The Matchmakers, Inilah Profil dan Fakta Tentang Jung Shin Hye!
[dok. KoinWorks]

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

KoinWorks, menjalin kemitraan strategis dengan PT Indonesia Distribution Hub alias IDH.ID, guna memberikan kemudahan pembayaran melalui layanan Pay Later

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024