Saatnya Rutin Konsumsi Vitamin E

VIVAnews – Saat ini para ahli kesehatan sedang memperdebatkan kemampuan vitamin E dalam memberikan perlindungan terhadap kanker. Bahkan jika ibu hamil mengonsumsi vitamin E secara berlebihan, bisa mengganggu fungsi hati janinnya.

Tapi hasil penemuan itu bukan berarti membuat kita berhenti mengonsumsi vitamin E. Tubuh kita tetap membutuhkan vitamin ini asalkan dikonsumsi dalam takaran tepat. Saran asupan vitamin E untuk orang dewasa setiap hari adalah 15 miligram.

Vitamin E kaya antioksidan yang penting untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh. Vitamin ini mencegah pembekuan darah dan penyumbatan pembuluh darah. Selain itu, vitamin E juga meningkatkan pembentukan sel-sel darah merah dan dan menguatkan sel-sel darah putih.

Manfaat lain vitamin E adalah mempengaruhi kerja hormon, termasuk dalam urusan seks. PKekurangan vitamin E bisa menyebabkan gairah seksual menurun.

Untuk kecantikan kulit, vitamin E membantu regenerasi kulit, sehingga kulit menjadi lebih halus dan elastis. Asupan vitamin E yang cukup akan mengatasi penuaan dini pada kulit dan juga mencegah kerusakan sel yang membuat kulit mudah keriput. Vitamin ini juga berguna untuk mengatasi masalah kulit kering, berminyak, berjerawat, serta mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit.

Sumber vitamin E

Para pakar kesehatan menyarankan asupan vitamin E dari sumber alami. Jika kebutuhan vitamin E sudah terpenuhi dari berbagai bahan makanan, Anda tak perlu mengasup suplemen vitamin E yang banyak menggunakan bahan sintetis.

Bahan makanan apa saja yang bisa memenuhi kebutuhan vitamin E untuk tubuh?

Biji bunga matahari

Satu ons biji bunga matahari kering mengandung 7,4 miligram vitamin E dan 165 kalori. Anda juga bisa mengonsumsi manfaat biji bunga matahari dalam bentuk minyak atau margarine yang tiap sendoknya mengandung 5,6 miligram vitamin E dan 120 kalori.

Kacang-kacangan

Dari segala jenis kacang, almond adalah sumber vitamin E terbaik. Dalam setiap ons almond, terkandung 7,3 mg vitamin E dan 164 kalori. Jenis kacang lainnya yang kaya vitamin E adalah hazelnut. Kacang ini mengandung 4.3 miligram vitamin E dan 178 kalori tiap ons.

Minyak sayur

Untuk memasak, ganti minyak goreng dengan minyak sayur yang lebih sehat. Satu sendok minyak sayur mengandung 4,8 miligram vitamin E.

Terpopuler: Hal yang Dilakukan Suami Jika Istri Hyperseks sampai Bahaya Pijat Perbesar Penis

Sereal dan granola
Bahan makanan dari gandum yang kaya serat alami mengandung 2,3 miligram vitamin E dan 54 kalori setiap dua sendok makan.

Avokad
Setengah buah avokad mengandung 2,1 miligram vitamin E dan 161 kalori.

Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum
Pemain Timnas Indonesia U-23 rayakan gol

Komentar Erick Thohir Usai Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23

Catatan sejarah ditorehkan Timnas Indonesia U-23. Armada Shin Tae yong memastikan tiket ke semifinal Piala Asia U 23 2024 usai menyingkirkan Timnas Korea Selatan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024