Gerindra Pesan 5 Juta Kaos

Produsen Tekstil Kebanjiran Order Pemilu

VIVAnews - Pemilihan umum yang tinggal menunggu waktu ternyata telah mengalirkan order cukup besar bagi produsen tekstil dan produk tekstil dalam negeri.

"Target kami bisa melebihi Rp 5 triliun untuk pemilu kali ini," kata Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Benny Soetrisno di sela-sela seminar "Situasi Terkini Pasar Tekstil dan Garmen Jepang" di kantor Departemen Perindustrian Gatot Subroto, Senin, 23 Februari 2009.

Benny mengakui partai politik sudah mulai memesan spanduk, kaos, dan bendera partai. "Hingga saat ini anggota API sudah mengerjakan sekitar 40 persen dari pesanan partai," kata Sekretaris Jenderal API Ernovian G. Ismy di saat yang sama.

Menurut Benny, partai Gerindra merupakan partai paling banyak melakukan order. "Pesanan dibayar tunai semua," kata Benny. Bahkan, Benny sedikit heran dengan partai-partai besar yang justru ordernya tidak terlalu banyak.

"Baru dua minggu lalu, Gerindra pesan 5 juta kaos dari produsen di Bandung yang harga tiap kaosnya mencapai Rp 5 - 7 ribu," kata Ernovian.

PT Guccitex Bandung, kata Benny, merupakan salah satu produsen yang kebanjiran order 400 bendera salah satu partai.

Sejak awal, dia menambahkan, produsen tekstil nasional sudah menginformasikan tidak akan menerima pembayaran cicilan dalam pesanan partai dan hanya membuatkan pesanan sesuai harga yang dibayar.

"Pengalaman yang dulu-dulu sering tertipu. Mereka pesan 100 ribu misalnya, sudah dibuatkan semua, tapi ternyata yang diambil cuma 50 ribu. Kami rugi dong," kata Benny.

Cak Imin soal PKB Gabung ke Pemerintahan Prabowo: Alhamdulillah, Semuanya Smooth!
Elon Musk.

Harta Kekayaan Elon Musk Lenyap Rp 45 Triliun dalam Sekejap, Ini Penyebabnya

Imbas dari merosotnya kekayaanya Elon Musk tersebut kini mengalami penurunan kekayaan dari daftar orang terkaya di dunia dari posisi sebelumnya kedua kini menjadi ketiga.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024