Pengamanan Pemilu 2009

300 Tempat Pemungutan Suara Rawan

VIVAnews - Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya menggelar pasukan pengamanan Pemilu di markasnya. Pasukan yang masuk satuan tugas preventif ini akan mengawal pelaksanaan Pemilu di enam daerah pemilihan.

Dalam amanatnya selaku inspektur upacara, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Wahyono meminta polisi harus selalu siap dengan perannya. Wahyono menyampaikan, pola pengamanan Pemilu kali ini berbeda dengan Pemilu 2004.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Promosi Budaya Indonesia Lewat Konten Digital"

"Sekarang polanya patroli, tidak seperti dulu. Jadi kali ini personel harus berpatroli sesuai dengan tingkat kerawanan," kata Wahyono di Markas Polda Metro Jaya, Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa 24 Februari 2009.

Satuan preventif yang dikumpulkan ini sebanyak 1.780 personel. "Itu baru preventif. Aparat represif di Sentra Penegakan Hukum Terpadu," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Zulkarnaen.

Operasi Mantap Brata untuk pengamanan Pemilu ini bertugas mengawal 38.480 tempat pemungutan suara di wilayah Jakarta, Tangerang, Bekasi dan Depok. Zulkarnaen menjelaskan, polisi telah membuat tiga klasifikasi pengamanan TPS dalam Pemilu 2009 ini.

Tiga klasifikasi pengamanan TPS sebagai berikut:
1. Tipe Aman menggunakan pola 4-10-1 atau empat polisi untuk 10 TPS dan satu Linmas;
2. Tipe Rawan I menggunakan pola 2-4-2, dua polisi 4 TPS dan dua linmas;
3. Tipe Rawan II menggunakan pola 2-4-1, dua polisi, empat linmas, satu TPS.

"Untuk tipe rawan II, ada 300 TPS," kata Zulkarnaen.

Pengamanan TPS ini dilakukan sejak H-2 pemungutan suara yakni 7 April 2009. Kapolda mengimbau keikhlasan dan dedikasi polisi sesuai tugas masing-masing demi pelaksanaan Pemilu yang tertib. "Mari kita tunjukkan Polri bisa memberikan suasana Pemilu yang kondusif. Selamat bertugas," kata Wahyono.

Jeam Kelly Sroyer Dikeplak Shin Tae-yong

Viral Jeam Kelly Sroyer Dikeplak Shin Tae-yong, Ternyata Gegara Ini

Momen Pemain Timnas Indonesia U-23, Jeam Kelly Sroyer dikeplak Shin Tae-yong (STY) viral di medsos Jumat, 19 April 2024. Momen tersebut terekam saat menghadapi Australia.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024