BTS Flexi NSN Diklaim Terhemat

VIVAnews - Di ajang tahunan GSMA Global Mobile Awards 2009, Nokia Siemens Networks (NSN) menyabet penghargaan Best Network Technology Advance untuk Flexi Base Station-nya. BTS dengan teknologi NSN itu disebut sebagai paling hemat energi.

Untuk menyabet kategori tersebut, ada beberapa pertimbangan juri GSMA yang harus dipenuhi oleh para kandidat termasuk seberapa besar teknologi, aplikasi, dan layanan mereka mampu memperbaiki jaringan. Sayangnya, tidak diketahui vendor apa saja selain NSN yang dipilih juri sebagai kandidatnya.
 
BTS Flexi yang diatur oleh software, dengan kemasan paling kecil di industri dan diklaim terhemat energi oleh NSN, meyakinkan para juri karena menyuguhkan sejumlah manfaat unik bagi operator, pengguna, dan lingkungan.
 
"Kami menyebutnya sebagai 'sexy Flexi' karena semua operator ingin menyaksikannya," kata Marc Rouanne, head of Nokia Siemens Networks Radio Access business dalam keterangan persnya yang diterima VIVAnews, Selasa 24 Februari 2009.
 
Di samping itu, Flexi peraih penghargaan yang dapat menjalankan HSPA dan LTE tersebut, sepenuhnya memanfaatkan konsep radio yang ditentukan oleh software yang mampu memberikan jalur mulus menuju LTE.
 
Tak hanya itu, Flexi Base Station dapat diimplementasikan pada WCDMA/HSPA dan dapat diupgrade ke LTE cukup dengan software tanpa membutuhkan investasi baru dalam bentuk hardware.
 
"Kemampuan unik dari Flexi ini diperluas untuk mendukung semua teknologi 3GPP dari GSM/EDGE dan WCDMA/HSPA hingga LTE, semuanya berjalan secara bersamaan dalam satu unit," kata salah seorang juri.
 
Dengan mengembangkan Flexi, Nokia Siemens Networks telah merintis upaya mengurangi jejak karbon dari jaringan mobile. BTS sendiri mengkonsumsi hingga 90 persen dari konsumsi energi total jaringan mobile.
 
Misalnya, sebuah konfigurasi Flexi Base Station yang manjalankan WCDMA/HSPA komsumsi dayanya hanya 430W, 70 persen lebih rendah dibanding generasi sebelumnya. Untuk satu operator WCDMA/HSPA di Eropa, hal ini bisa berarti penghematan energi hingga kurang dari 70 GWh dalam setahun.
 
Lebih dari itu, rancangan modular pada Flexi Base Station hanya 20 persen dari ukuran dan berat BTS konvensional. Hal ini otomatis meminimalisir jejak karbon dari transportasi dan instalasi.
 
Flexi telah dikembangkan untuk bekerja tanpa AC luar, yang hal ini saja mengurangi konsumsi energi situs BTS sebesar 30 persen. Jejak karbon ini lebih kecil lagi karena upgrade kapasitas dan kemampuan berbasis software.

Persebaya Bertekad Bangkit Lawan Persib
Konsumen menunjukkan emas batangan yang dibelinya di Butik Emas Logam Mulia, Gedung Aneka Tambang, Jakarta.

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dibanderol seharga Rp 1.347.000 per gram pada hari ini, Sabtu 20 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024