Chip Motherboard

Nvidia Siapkan Chip MCP82

Belakangan ini kabut tebal sedang menaungi Nvidia. Komplain seputar permasalahan atas produk yang defective alias cacat terus datang dari partner-partner yang menggunakan produk perusahaan asal Santa Clara, California tersebut. Akan tetapi, ternyata di balik kabut tebal tersebut Nvidia diam-diam sedang menyiapkan chip MCP82, generasi penerus chip MCP72 yang mengintegrasikan grafis seri GeForce 8200 pada motherboard. Pada MCP82, integrated grafis yang tertanam adalah GeForce seri 9.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Dengan beredarnya informasi tersebut, rumor bahwa Nvidia akan berhenti membuat chipset motherboard juga terbukti tidak benar. Setelah Nvidia setuju memberikan fitur SLI untuk ditanamkan pada chipset Intel X58 yang akan datang, kabar akan hadirnya MCP82 juga merupakan bantahan terhadap rumor yang berkembang.

Dari roadmap yang dipublikasikan oleh Expreview, Nvidia sedang menyiapkan dua varian chipset seri MCP82 yakni versi S1 dan S2. MCP82 S1 merupakan versi high end dari chipset tersebut, sedangkan S2 merupakan versi yang lebih ekonomis. Keduanya memiliki spesifikasi sama, kecuali di sisi dukungan SLI dan PCI Express. Berikut informasi singkat mengenai chipset MCP82.

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus
Kode namaMCP82 S1MCP82 S2
SLI3 jalur2 jalur
Dukungan prosesorAM3, AM2+, AM2AM3, AM2+, AM2
DirectXDirectX 10DirectX 10
Hybrid SLIYesYes
VideoPureVideo HDPureVideo HD
Audio7.17.1
DisplayHDMI, DVI, VGAHDMI, DVI, VGA
FSBHT3HT3
PCI Express1x16, 2x8, 3x12x8, 2x1 atau 1x16, 3x1
SATA66
RAID0,1,0+1,50,1,0+1,5
NetworkingGigabit EthernetGigabit Ethernet
USB12 port12 port

Meski ada versi ekonomisnya, MCP82 merupakan chipset yang ditujukan untuk kelas performa. Selain mendukung prosesor AMD AM3, chipset ini juga masih bisa dipasangi prosesor generasi sebelumnya yakni AM2+ dan AM2. Hybrid SLI yang pada awal pemunculan generasi MCP72 sempat bermasalah kini juga diimplementasikan.

Menurut Expreview, chipset tersebut dibangun berbasis chip MCP72. Dari sisi desain motherboard, kemungkinan besar tidak ada perubahan yang signifikan. Beberapa sampel chipset sudah dikirimkan ke partner-partner terdekat Nvidia, sedangkan revisi akhir dari chipset direncanakan akan masuk ke tahap produksi masal di Januari 2009.

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024