Banjir Lahar Dingin di Gunung Kelud

VIVAnews - Curah hujan yang tinggi di kawasan Gunung Kelud mengakibatkan banjir lahar dingin di wilayah itu. Akibatnya, tujuh desa terendam oleh lahar dingin.

Berdasarkan informasi yang diterima VIVAnews dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Rabu, 25 Februari 2009, banjir lahar dingin terjadi sejak Senin (23/3) lalu, mulai pukul 15.00 sampai 21.00 WIB.

Banjir lahar dingin itu merendam tujuh desa di Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Desa-desa yang terendam itu berada di Kecamatan Puncu, Pare, dan Kepung. Tingginya curah hujan menyebabkan Gunung Kelud tidak mampu luapan air hujan.

Banjir lahar dingin mengakibatkan satu unit rumah roboh dan 30 unit lainnya terendam. Selain itu satu buah truk hanyut diterjang lumpur. Menurut Badan Penanggulangan Bencana, pemerintah daerah setempat sudah memberikan bantuan kepada para korban.

Bantuan yang diberikan itu berupa 8.000 lembar karung plastik, 75 batang kayu, dan 40 lembar anyaman bambu. Pemerintah daerah, tim evakuasi bersama masyarakat melakukan pembersihan dan pengangkatan kayu yang menghambat aliran sungai dengan menggunakan alat berat.

Hasil Liga 1: Tampil Ngotot dari Awal, PSIS Semarang Gilas Persikabo 1973
Fitri Carlina dan Rafael Struick

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Saking bahagianya, Fitri Carlina sampai terlihat menundukan kepala dan menangis bahagia atas kemenangan Timnas Indonesia saat melawan Korea Selatan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024