Politik AS

Gubernur Palin Harus Kembalikan Uang Negara

VIVAnews - Gubernur negara bagian Alaska, Amerika Serikat (AS), Sarah Palin, wajib mengembalikan uang sekitar US$ 7.000 (Rp 83.825.000) kepada kas pemerintah setempat. Demikian kata pengacara Palin, Selasa 24 Februari 2009.

Pasalnya, mantan kandidat wakil presiden AS dari Partai Republik itu menggunakan dana pemerintah untuk mengongkosi sembilan kali perjalanan anak-anaknya. Menurut tim investigasi khusus yang disewa oleh Alaska Personnel Board, gubernur cantik itu memiliki waktu 120 hari untuk mengganti uang negara - tepatnya uang para pembayar pajak - yang dia pakai.

Menurut pengacara Palin, Thomas Van Flein, jumlah pasti yang mesti dikembalikan Palin akan ditentukan oleh Departemen Administrasi Alaska. Flein memperkirakan jumlahnya akan mencapai US$ 6.800 (sekitar Rp 81 juta).

Sebenarnya tidak ada peraturan negara bagian Alaska yang melarang keluarga Palin untuk bepergian bersamanya. Tim investigasi juga tidak menemukan penyalahgunaan dana.

Namun, salah seorang anggota tim, Timothy Petumenos, menafsirkan undang-undang etika Alaska (Alaska Executive Branch Ethics Act). Dia mengatakan bahwa undang-undang tersebut hanya mengatur bahwa negara bagian hanya membiayai keluarga gubernur jika gubernur melakukan tugas penting bagi kepentingan negara bagian. Petumenos mengatakan beberapa kunjungan dinas Palin tidak memenuhi ketentuan dalam undang-undang etika tersebut.

Van Flein mengatakan bahwa sebanyak 72 kunjungan dinas Palin diselidiki, dan sembilan di antaranya masuk dalam daftar kunjungan yang tidak mewakili kepentingan negara bagian. Biaya tersebut mencakup tiket pesawat dan makanan untuk Bristol, putri sulung Palin. Bristol menemani Palin dalam Konfrensi Tahunan Kepemimpinan Perempuan di New York, Oktober 2007.

Selain itu, kunjungan Bristol ke ajang "Beauty and the Beast" di Valley Performing Arts Center, tiket pesawat untuk kedua putrinya, Piper dan Bristol ke Juneau dari Anchorage dalam rangka kunjungan antar negara bagian. Belum lagi ongkos tiket pesawat untuk Piper saat menghadiri lomba kereta salju Iron Dog dan acara perjamuan makan, Alaska Outdoor Council Banquet.

Van Flein mengatakan bahwa Palin tidak harus memenuhi ketentuan pembayaran tersebut. "Dia tidak harus melakukan ini. Ketentuan tersebut tidak jelas dalam hal peraturan. Peraturan tersebut tidak familiar," kata Flein. (AP)

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina
Pemain Arsenal, Gabriel Magalhaes merayakan gol

5 Bintang Arsenal Terancam Absen Lawan Man City! Perebutan Puncak Klasemen Makin Panas

Bukayo Saka adalah salah satu pemain Arsenal yang kabarnya akan absen saat melawan Manchester City pekan ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024