Jajak Pendapat Lembaga Survei Indonesia

Yudhoyono Dipilih 50 Persen Responden

VIVAnews - Susilo Bambang Yudhoyono tak terkalahkan dalam survei yang digelar Lembaga Survei Indonesia pada 8-18 Februari 2009. Yudhoyono mendapat suara 50,3 persen dari 2.455 responden yang tersebar di 33 provinsi.

Di bawah Yudhoyono, barulah Megawati dengan perolehan 18,5 persen. Menyusul Prabowo Subianto 4,3 persen, Sri Sultan Hamengku Buwono X 3,9 persen, Wiranto 3 persen, Jusuf Kalla 2 persen, Hidayat Nur Wahid 1,7 persen, dan Amien Rais 1,4 persen.

Angka tersebut didapatkan setelah responden diajukan pertanyaan "Jika Pemilu presiden diadakan hari ini?" Responden diberi pertanyaan semi terbuka, dengan mengajukan 20 nama untuk dipilih salah satunya.

Direktur Riset Lembaga Survei Indonesia, Dodi Ambardi, menambahkan, 60 persen responden juga menginginkan Susilo Bambang Yudhoyono kembali menjadi presiden. Hanya 28 persen yang tidak mau Yudhoyono terpilih kembali dan yang menyatakan tidak tahu 12 persen.

Menurut Dodi dalam jumpa pers yang digelar di kantor LSI, Jakarta, Jumat 27 Februari 2009, dibanding survei sebelum Februari 2009, Yudhoyono terlihat menguat dalam mengangkat dukungan bagi Partai Demokrat. "Pilihan pada SBY naik cukup kuat dari 43 persen menjadi 50 persen, sementara kenaikan Demokrat kurang kuat, dari 23 menjadi 24 persen," kata Dodi.

"Mengapa SBY baik, ini tidak terlepas dari kinerja pemerintahannya di mata pemilih," katanya.

Margin of error survei ini lebih kurang 2,4 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Responden diambil berdasarkan multistage random sampling yang tersebar di 33 provinsi. Responden berumur lebih dari 17 tahun.

Dominasi Skuad Timnas U-23 di Piala Asia, Menpora Dito Akan Terus Maksimalkan PPLP dan SKO
VinFast VF e34

Mobil Listrik Vinfast Pakai Sistem Sewa Baterai, Segini Biayanya

VinFast sebagai perusahaan otomotif asal Vietnam, secara resmi meluncurkan kehadirannya di Indonesia dengan membawa angin segar bagi industri otomotif Tanah Air. Hanya da

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024